Minangkabau Cup II : Kecamatan Tanjung Harapan Wakili Kota Solok ke Babak 32 Besar

Minangkabau Cup II : Kecamatan Tanjung Harapan Wakili Kota Solok ke Babak 32 Besar

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Sepakbola Kecamatan Tanjung Harapan berhasil keluar sebagai juara pada babak penyisihan Minangkabau Cup II wilayah Kota Solok. Setelah ditahan imbang (0-0) oleh Kecamatan Lubuk Sikarah.

Hasil kacamata tersebut menjadikan Kecamatan Tanjung Harapan unggul agregat gol tandang yang didapat pada leg pertama yang berkesudahan dengan skor (2-2). Prestasi ini menghantarkan Kecamatan Tanjung Harapan mewakili Kota Solok pada babak 32 besar.

Pertandingan yang dihelat di Lapangan Merdeka Kota Solok, Senin (28/1/2019) sore. Disaksikan ratusan penonton dan pendukung kedua kesebelasan yang hadir memenuhi tribun sejak peluit awal dibunyikan, kedua tim menampilkan permainan menyerang untuk berusaha mencetak gol dan memastikan gelar juara.

Kondisi lapangan yang basah setelah diguyur hujan beberapa hari menyulitkan kedua tim mengembangkan skema permainan menyerang yang terpola.

Jelang akhir pertandingan Kecamatan Lubuk Sikarah berusaha mengurung pertahanan Kecamatan Tanjung Harapan dengan menambah penyerang untuk memaksakan gol kemenangan, apabila skor tetap (0-0) Lubuk Sikarah kalah agregat gol tandang meski hasil dua pertandingan sama-sama imbang.

Setelah bertarung 90 menit kedua kesebelasan tidak berhasil mencetak gol yang dinantikan. Pertahanan yang tangguh memastikan Kecamatan Tanjung Harapan menjuarai penyisihan wilayah kota Solok.

“Alhamdulillah tim kami berhasil mewakili Kota Solok. Untuk kedepan saya pribadi akan mempersiapkan diri lebih baik lagi, baik dari teknik maupun stamina,” kata Aidil Usman Diarra, Penyerang Kecamatan Tanjung Harapan yang juga pencetak satu gol pada pertemuan pertama.

Pertandingan penentuan ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Dispora, Drs. Mursal yang juga pengurus teras Askot PSSI Solok, Camat Tanjung Harapan, Zulkarnanini, AP, M.Si serta Camat Lubuk Sikarah, Novri Aprilizen, A.ATP, M.Si.

“Kami ucapkan selamat bagi pemenang akan keberhasilannya keluar sebagai juara, nantinya akan mewakili Kota Solok ditingkat provinsi. Bagi tim yang kalah kami berpesan jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan untuk tahun depan” ujar Sekretaris Dispora, Drs. Mursal.

Babak 32 besar Minangkabau Cup sendiri akan digelar di delapan daerah yakni Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Tanah Datar. Nantinya setiap grup akan terdiri dari empat atau lima tim memperebutkan tiket lolos ke babak 16 besar. Hanya dua tim terbaik di setiap grup yang lolos ke tahap 16 besar.

Setiap kota dan kabupaten akan meloloskan tim tergantung dengan jumlah kecamatannya, jika memiliki satu hingga tujuh kecamatan maka hanya satu tim yang mewakili kota atau kabupaten tersebut. Setelah itu apabila memiliki jumlah kecamatan antara tujuh hingga 12 kecamatan maka akan diwakili dua tim dan bagi kota atau kabupaten yang memiliki 12-14 kecamatan akan mengirimkan tiga tim

Pada babak 32 besar, Tim sepakbola Kota Solok tergabung pada Grup G terdiri dari 4 tim, diantaranya Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kota Padang dan Kabupaten Tanah Datar. Kota Bukittingi ditunjuk sebagai tuan rumah pada Grup G ini. Menurut agenda akan digelar pada tanggal 3 s/d 8 Februari 2019 di Lapangan Ateh Ngarai, Kota Bukittinggi. Setiap juara zona akan memperebutkan Piala Bergilir Gubernur dan Kapolda Sumbar serta uang pembinaan.

Sejarah Minangkabau Cup ini dimulai dari tahun 2016 yang dikenal dengan Irman Gusman Cup dan meraih Rekor Muri sebagai Turnamen Sepakbola Terbesar Antar Kecamatan Se-Indonesia. Kemudian tahun 2017 diganti menjadi turnamen sepakbola Minangkabau Cup I dengan misi mempertandingkan sepakbola antar Kabupaten dan Kota se-Sumbar.

Juara pada dua edisi sebelumnya diraih oleh Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Pada tahun ini Minangkabau Cup II mengambil tagline “Berbakti Untuk Negeri”. (ep)

Tags: ,