Kegiatan Mahasiswa KKN Unand di SMPN 6

Kegiatan Mahasiswa KKN Unand di SMPN 6

Solok, (InfoPublikSolok) – Universitas Andalas (Unand) Padang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswanya dari berbagai jurusan dan fakultas, salah satunya di SMPN 6 Kota Solok.

Di SMPN 6, Mahasiswa KKN Unand berkesempatan memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi tentang dampak penggunaan smartphone terhadap prilaku sosial remaja yang diberikan oleh mahasiswa dari jurusan Sosiologi. Selanjutnya mahasiswa KKN dari jurusan Teknik Pertanian memberikan sosialisasi mengenai pengenalan Sistim Hidroponik Sederhana dan begitupun dari Jurusan Hukum memberikan sosialisasi mengenai Penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar SMP.

Tujuan dilaksanakan sosialisasi dari jurusan sosiologi ini agar siswa/remaja mengerti dampak dan pengaruh yang diberikan oleh smartphone terhadap prilaku remaja, agar siswa tidak menjadi generasi yang kurang bersosialisasi terhadap masyarakat akibat kecanduan smartphone, sedangkan dari jurusan teknik pertanian memperkenalkan salah satu cara bercocok tanam sistim hidroponik yang sederhana bagi siswa, dan dari jurusan hukum agar siswa mengetahui dampak yang ditimbulkan dari mengkonsumsi Narkoba dan menjadi siswa yang anti Narkoba.

Program KKN kali ini sebagai sarana mengenal lingkungan sekolah dan lingkungan kelurahan yang ada di kelurahan Taratak Tanah Garam dan juga sebagai sarana berbagi ilmu antar mahasiswa, siswa dan guru sekolah.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Sismike mengatakan kegiatan ini merupakan konsep belajar sambil bersosialisasi berbasis kelas di SMPN 6 Solok. Pada kegiatan ini mahasiswa KKN membantu memberikan materi pada peserta didik melalui permainan yang dilakukan di dalam kelas, dengan pengkondisian kelas semua siswa duduk bersama. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran lebih dekat antara guru dengan siswa dan juga secara tidak langsung mengajarkan bahwa semua orang itu setara.

Materi yang dipilih meliputi penanaman jiwa nasionalisme dan juga keterampilan untuk mengasah kemampuan siswa dalam berkreasi dan berinteraksi. Sasaran yang dituju adalah siswa kelas VII hingga kelas IX SMP secara bergantian selama dua hari terhitung dari tanggal 24 dan 25 Juli 2019.

Kegiatan ini memberikan edukasi berupa penanaman nilai sikap dari Pancasila dan juga penanaman nilai moral yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, dalam pembelajaran keterampilan peserta didik untuk mengasah kreatifitasnya, mengingat bahwa anak SMP masih memiliki daya kreasi yang tinggi sehingga jika mereka dilatih dengan baik maka tingkat kreatifitas mereka pun juga akan semakin baik. Salah satu keterampilan yang ada di SMP adalah kerajinan tangan biasanya dibuat menggunakan kertas lipat dan kain, yang hasilnya digunakan untuk menghias ruang kelas.

KKN ke sekolah tahun ini mendapat sambutan baik dari guru dan siswa dilihat dari respon yang diberikan sangat aktif. Selain itu, guru juga mengapresiasi program yang diberikan oleh mahasiswa KKN Unand Padang. Program kegiatan ini berdampak pada semakin dekatnya mahasiswa dengan siswa-siswi SMP sekitar dan juga menambah pengalaman langsung di lingkungan. (dw)

Tags: , , ,