Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

26 Mei 2024

Kegiatan P5 Tema Kewirausahaan, Siswa SDN 06 Tanah Garam Belajar Membuat Kerajinan dari Bahan Bekas

Kegiatan P5 Tema Kewirausahaan, Siswa SDN 06 Tanah Garam Belajar Membuat Kerajinan dari Bahan Bekas

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mengangkat tema kewirausahaan, siswa-siswi SDN 06 Tanah Garam Kota Solok berkunjung ke MS Training Organization di Kelurahan Kampung Jawa, Kamis (14/9).

Dalam kunjungan ini para siswa diajak untuk mengenal dan memparaktikkan pembuatan kerajinan dari bahan bekas botol mineral yang dikumpulkan dari lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi Kelas 5 dan didampingi langsung oleh Kepsek SDN 06 Tanah Garam, Ermalinda, beserta guru kelas dan guru mata pelajaran.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, para siswa dibimbing langsung oleh Indra YN selaku pimpinan dari MS Training Organization untuk membuat kerajinan dari bahan bekas botol mineral menjadi meja, dan pemotongan bahan bekas botol kaca menjadi gelas dan menjadi aquarium mini yang berkualitas dan memiliki nilai jual.

Ermalinda mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini memberikan siswa pengetahuan tentang keterampilan yang bermanfaat. Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan agar siswa belajar menjadi pelaku wirausaha dalam lingkungan kecil yaitu sekolah.

“Hasil dari praktek siswa-siswi akan dipasarkan di lingkungan sekolah oleh murid kelas 5 pada akhir semester dan target pembelinya para murid, guru dan warga sekitar sekolah,”

Untuk diketahui, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (mn)

Tags: ,

No Responses

Comments are closed.