Kejari Solok Berikan Penyuluhan Hukum Pada Puluhan Siswa SMPN 6

Kejari Solok Berikan Penyuluhan Hukum Pada Puluhan Siswa SMPN 6

Solok, (InfoPublikSolok) – Kejaksaan Tinggi Negeri Solok (Kejari) memberikan penyuluhan hukum kepada puluhan siswa/i kelas VII SMPN 6 agar mereka menjauhi perbuatan kriminal yang mengarah kepada hukuman bertempat di kampus SMPN 6 Kota Solok, Selasa (20/8/2019).

Kasi Pembinaan  Siti Afriyanti mengatakan penyuluhan hukum ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya dan ditujukan kepada Siswa/I baru SMP yang ada  diKota  Solok.

Ia menerangkan para siswa perlu diberikan pemahaman hukum agar mereka menjadi warga yang sadar hukum, jangan sampai pelajar terjerat hukum yang berakibat merusak masa depan mereka.

Pelajar harus mengetahui bahaya rokok, narkoba, dan zat adiktif lainnya, serta bully yang sering terjadi di sekolah, baik berbentuk kekerasan fisik maupun psikis, sehingga mereka menghindarinya, sesuai dengan Materi yang diberikan pada hari ini yakni “Kenakalan Remaja dan Penguatan Nilai Nilai Pancasila”.

Dalam penerangan hukum ini, pihak kejari juga menjelaskan faktor pemicu timbulnya perilaku anak yang menyimpang, penggolongan kenakalan anak, bentuk-bentuk kenakalan anak, serta undang undang yang terkait tindak pidana anak.

Program Penyuluhan Hukum disekolah ini merupakan salah satu langkah strategis dalam mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa seperti agenda pembangunan nasional (Nawa Cita) ke delapan yaitu melaksanakan revolusi karakter bangsa.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari para siswa, terlihat dari banyaknya siswa yang hadir dan aktif bertanya. Sementara itu Nofirman selaku  Kepala SMPN 6 mengatakan kegiatan ini akan menambah pengetahuan siswa tentang hukum sehingga mereka paham dan tidak melakukan pelanggaran yang berujung pada hukuman.

Program Penyuluhan Hukum disekolah ini katanya,merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia, untuk pengenalan hukum sejak dini, sehingga generasi bangsa tidak terjerumus dengan pelangaran hukum seperti tawuran, bullying, narkoba dan masalah kriminal lainnya.

“Saya berharap kepada anak-anak sekalian untuk dapat membentengi diri dengan iman dan takwa, jangan sampai kita terpengaruh dengan kegiatan yang tidak bermanfaat,” ujarnya. (dw)

Tags: , , ,