Kejurda Tinju Amatir Wali Kota Solok Cup I

Kejurda Tinju Amatir Wali Kota Solok Cup I
Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Wali Kota Solok Reinier membuka Kejuaraan Daerah Tinju Amatir Wali Kota Solok Cup I Tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Sport Hall Tanjung Paku, Sabtu (14/9/2019). Pembukaan ditandai dengan pemukulan lonceng serta penyerahan piala bergilir Walikota Solok oleh Wakil Wali Kota Solok Reinier kepada Ketua Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) Sumatera Barat Togi. P. Tobing.
Kejurda tinju kali ini merupakan pertama kali diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok yang bekerjasama dengan Persatuan Tinju Amatir Indonesian (Pertina ) Provinsi Sumatera Barat dan Kota Solok yang memperebutkan piala bergilir Walikota Solok dengan total hadiah sebesar 20 Juta Rupiah.
Kejurda tinju kali ini diikuti oleh perwakilan dari Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat mempertandingkan 6 kategori diantaranya Kelas Mini Yunior 38 kg, Yunior Putri 50 kg, Youth Putri 45 kg dan 48 kg, Youth Putra 49 kg, Elit Putri 54 kg dan Kelas Elit Putra 46 kg, 49 kg, 56 kg, 60 kg dan 91 kg.
Hadir juga Ketua Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) Sumatera Barat Togi. P. Tobing, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Dodi Osmond, Pengurus KONI Kota Solok, Dewan Juri, atlet, pelatih dan ratusan masyarakat Kota Solok penggemar tinju.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Dodi Osmond mengatakan, kejuaraan kali ini bertujuan untuk menggelorakan olahraga di Kota Solok, ajang ujicoba atlet maupun pelatih di bidang tinju di Kota Solok maupun tingkat Sumbar dalam menyongsong Pekan Olahraga Provinsi 2020, menyongsong Visit Solok Year 2020 dan menggalakkan Sport Tourismt, serta juga sebagai hiburan bagi masyarakat pecandu tinju di Kota Solok.
Kejuaraan ini berlangsung dari Tanggal 13 s/d 15 september 2019 dengan Peserta dari sembilan daerah, yakni Kota Solok, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Mentawai, serta Kabupaten Padang Pariaman. “Total atlet yang mengikuti kejuaran ini sebanyak 42 atlet, dengan 6 kategori terbagi dalam 11 kelas pertandingan dan 21 laga,” ujarnya.
Reinier dalam arahannya, mengucapkan apresiasi yang sangat baik atas terselenggaranya kegiatan kejurda tinju amatir Wali Kota Solok Cup I ini. Kejuaraan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Solok dalam memberikan hak dan ruang kepada atlet tinju agar mereka bisa menyalurkan hobi dan bakatnya, serta masyarakat juga akan dapat menikmati kejuaraan ini.
“Insya Allah kejuaraan ini akan menjadi agenda tahunan Kota Solok, kalau bisa tahun depan tidak hanya tingkat Provinsi Sumatera Barat, namu akan kita adakan tingkat Pulau Sumatera. Kami sangat mendukung sekali kagiatan ini ,” ujar Reinier.
Lebih lanjut, Reinier mengatakan, “pada momen kejuaraan ini saya sampaikan masalah narkoba harus serius kita berantas. Kegiatan positif seperti ini merupakan salah satu cara melindungi anak muda dan seluruh masyarakat dalam hal menangkal penyalahgunaan narkoba,” tegas Reinier.
Sementara itu, Ketua Pertina Provinsi Sumatera Barat Togi. P. Tobing, mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pemko Solok yang telah memberikan perhatian kepada para atlet dan pelatih tinju dengan menyelenggarakan kejuaraan ini. Kejuaraan- kejuaraan yang diadakan ini merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan prestasi atlet-atlet tinju amatir Sumbar.
“Tanpa mengikuti banyak pertandingan, mustahil prestasi akan didapat para atlet Sumbar. Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada para peserta. Untuk para atlet, pelatih  dan pembina agar memanfaatkan momen ini sebagai pelecut prestasi dan evaluasi hasil latihan selama ini,” tutup Togi. (ep)
Tags: , , , ,