Kelompok UPPKS Kota Solok Terlatih dan Terampil dalam Menjahit

Kelompok UPPKS Kota Solok Terlatih dan Terampil dalam Menjahit

Solok, (InfoPublikSolok) – Program Kependudukan dan Keluarga Berencana tidak hanya menjalankan program dibidang KB guna mengatasi ledakan penduduk saja.

Namun juga menyelenggarakan program lain seperti kesehatan reproduksi remaja, program ketahanan keluarga, serta program penguatan keluarga kecil berkualitas melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Untuk mendukung semua itu, perlu diadakan pembinaan, pengadaan serta pemberdayaan suatu kelompok, guna membantu meningkatkan pendapatan keluarga.

Dengan demikian, Dinas Pengendaian Penduduk dan Kelurga Berencana (Dispenduk-KB) Kota Solok mengadakan pelatihan menjahit bagi Kelompok UPPKS, Kamis (11/4/2019).

Pembukaan kegiatan ini diawali dari laporan pelaksana yag disampaikan oleh Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, drg. Ely Suryani.

Dalam laporanya, disampaikan tujuan diadakan kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan minat, semangat serta keterampilan keluarga khususnya keluarga Pra sejahtera dan keluarga sejahtera I, yang diharapkan mampu memanfaatkan peluang usaha yang ada dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dispenduk-KB Kota Solok, Edi Candra, SH, dalam sambutanya menyampaikan, sejak adanya nomenklatur baru Dispenduk-KB, dengan salah satu bidang yang mewadahi kegiatan kelompok UPPKS, dari tahun 2018 telah memulai menggiatkan kegiatan kelompok UPPKS.

Diantaranya, melalui kegiatan pelatihan keterampilan memasak, pelatihan pencatatan dan pelaporan administrasi serta penyerahan bantuan alat bagi kelompok.

“Pada tahun 2019 ini pun kembali dilakukan pembinaan terhadap kelompok dalam bentuk kegiatan pelatihan menjahit. Diharapkan ke depannya terjalin koordinasi dan kerja sama yang baik dengan Dinas terkait, Camat dan Lurah demi mencapai tujuan,” harapanya.

Untuk pembinaan terhadap kelompok UPPKS, lanjutnya, bekerjasama dengan Penyuluh KB akan terus memberikan motivasi dan meningkatkan pembinaan ke masing-masing kelompok.

“Diharapkan kegiatan ini berjalan dengan lancar, peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik agar dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh nantinya,” himbau Edi Candra menutup sambutannya. (ez)

Tags: , , , , ,