Keluarahan Sinapa Piliang Laksanakan Sosialisasi Kesadaran Bayar Pajak

Keluarahan Sinapa Piliang Laksanakan Sosialisasi Kesadaran Bayar Pajak

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Sinapa Piliang melaksanakan sosialisasi kesadaran membayar pajak dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di aula Kantor Lurah, Senin (29/7/2019).

Narasumber berasal dari Kasubid Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan BKD Kota Solok Retno Haryanti.

Sosialisasi ini berupaya meningkatkan kesadaran wajib pajak dan meyakinkan wajib pajak, bahwa pajak yang mereka berikan betul-betul dimanfaatkan untk kemajuan Kota Solok dan kembali ke masyarakat dalam bentuk pembangunan.

Dalam pembukaan, Lurah Sinapa Piliang Isnawati menuturkan, mulai tahun 2019 tidak ada lagi Goro Badunsanak, namun program yang sama ada pada Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan.

“Kita menyadari pembangunan dari pemerintah sebahagian uangnya dari pajak yaitu PBB, pajak kendaraan dan pajak lainnya,” tuturnya.

Dalam materinya, Retno menyampaikan kesadaran membayar pajak dari masyarakat merupakan kontribusi wajib kepada daerah yang bersifat memaksa, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung seperti iuran guna dikumpulkan dan dikembali melalui program Dana Alokasi Daerah.

“Jenis pajak ada 9 macam yaitu pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan umum, pajak air bawah tanah, pajak parkir, PBB dan PHTB,” tuturnya.

Dalam acara sosialisasi ini ada kejutan dari narasumber, berupa merchandise menarik untuk masyarakat yang mengajukan pertanyaan pada akhir sesi sosialisasi. (ds)

Tags: , , , ,