Kelurahan Bekali Masyarakat Nan Balimo dengan Pelatihan Menyulam

Kelurahan Bekali Masyarakat Nan Balimo dengan Pelatihan Menyulam

Solok, (InfoPublikSolok) – Pelatihan menyulam di Kelurahan Nan Balimo telah berakhir,  Acara ini telah berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 3 s.d 5 Agustus 2019. Pelatihan secara resmi ditutup oleh Murdarni selaku Sekretaris Kelurahan Nan Balimo.

Penutupan ikut dihadiri oleh Murdarni beserta stafnya serta tutor pelatihan. Peserta pelatihan menyulam ini merupakan perwakilan dari setiap RT yang ada di Kelurahan Nan Balimo.  Masing-masing RT mengirimkan  satu orang perwakilannya untuk mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan ini diadakan sebagai salah satu kegiatan Kelurahan pada bidang pemberdayaan masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat yang terlibat mendapatkan ilmu serta akan menerapkannya di tengah masyarakat dan diharapkan berdampak ekonomis.

Pelatihan di awali dengan pembagian peralatan sulam yang diperlukan seperti benang, ram, jarum jahit dan gunting serta karbon. Setelah semua peserta mendapatkan peralatan, kemudian barulah mulai pengerjaan sulaman dengan menjiplak motif terlebih dahulu. Setelah motif di pindahkan, kemudian dijahit dengan benang sesuai motif. Sulaman yang diajarkan kali ini adalah sulaman bayang yang merupakan sulaman yang dibuat pada kain tipis.

Setelah 3 hari bekerja, hasil sulaman yang telah selesai dikerjakan kemudian dikumpulkan dulu di Kelurahan sebagai bukti telah melaksanakan pelatihan. Seluruh peserta tampak begitu antusias dalam mengerjakan sulamannya.

Meri Lisa mengungkapkan apresiasi dan kesan baik kepada peserta yang antusias menjalani pelatihan. ” Saya sangat senang karena peserta bersemangat mengikuti pelatihan. Semoga ilmu ini dapat berguna bagi kita untuk membuka usaha sehingga masyarakat mendapatkan tamban penghasilan,” ungkap sang Tutor pelatihan.

Murdarni juga menyampaikan pesan agar para peserta dapat menggunakan ilmu yang di dapat dengan sebaik-baiknya. ” Saya berharap agar peserta dapat mempergunakan ilmu yang di dapat dengan baik,  jangan sampai ilmu ini dibawa tidur, pergunakanlah untuk membuka usaha”,  tutup Seklur Nan Balimo. (cps)

Tags: , , , ,