Penilaian Kelurahan Berprestasi Tahun 2020 di Kelurahan Nan Balimo

Penilaian Kelurahan Berprestasi Tahun 2020 di Kelurahan Nan Balimo

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Tingkat Kecamatan Tanjung Harapan Kunjungi Kantor Lurah Nan Balimo dalam rangka melakukan Penilaian Kelurahan Berprestasi Tahun 2020, Rabu (26/2/2020). Tim penilai diketuai oleh Sekretaris Camat Tanjung Harapan, Rusman dengan melibatkan tim dari OPD terkait tersebut juga dihadiri oleh LPMK, RT/RW, Bundo Kandung, Pengurus Masjid, Unsur Pemuda, Pokja Kelurahan, Tim PKK, Pustu, Puskeskel, Posyandu dan unsur lainnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tidak hanya mendengarkan ekspos dari Lurah dan PKK Kelurahan Nan Balimo, tetapi juga mewawancarai serta memeriksa kelengkapan administrasi kelurahan, laporan, capaian indikator penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, termasuk potensi serta swadaya masyarakatnya.

Ketua LPMK Nan Balimo, Suhatmi Tole dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam penilaian lomba kelurahan berprestasi ini, kami berharap mendapatkan pembinaan dari seluruh stakeholder sehingga Kelurahan Nan Balimo dapat meraih prestasi hingga ketingkat nasional nantinya.

Sekretaris Camat Tanjung Harapan, Rusman mengatakan, “Penilaian lomba kelurahan berprestasi yang dilakukan satu tahun sekali ini juga untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai oleh kelurahan itu sendiri. Dalam pelaksanaan penilaian nanti akan dibagi menjadi kelompok per bidang-bidang kegiatan, diantaranya pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, serta ekonomi dan pembangunan.” pungkasnya.

Ada yang berbeda dalam penyampaian ekspos kali ini, dimana Lurah Nan Balimo, Rahman Hidayu tidak hanya membacakan ekspos yang sudah ada seperti tahun-tahun sebelumnya, melainkan Rahman Hidayu mempresentasikan program kegiatan yang telah dilaksanakan serta menyampaikan prestasi-prestasi dan inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan oleh Kelurahan Nan Balimo.

Dalam penyampaian ekspos tersebut, banyak hal-hal baru berupa prestasi-prestasi dan inovasi-inovasi yang terungkap. Pertama, Lurah Nan Balimo merupakan Juara 1 Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada uji kompetensi lurah tahun 2019. Kemudian, Kelurahan Nan Balimo merupakan kelurahan pertama di Kota Solok yang menjalankan program KP3K (Komite Pelaksana Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) yang menerapkan sistem ukhuwah islamiyah. Lalu, selain Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan rumah dinas Wali Kota, satu-satunya kantor yang ada di Kota Solok hanya Kantor Lurah Nan Balimo yang mengembangkan tanaman hidroponik dengan karya dan kreasi sendiri. Dan yang terakhir, dari hasil partisipasi dan swadaya masyarakat, satu-satunya pos ronda yang ada di Kota Solok hanya pos ronda Griya Ampang Kualo, RT 1/RW 5 Kelurahan Nan Balimo yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Solok.

Disisi lain saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Rahman Hidayu menyampaikan bahwa penilaian kelurahan berprestasi tahun 2020 ini dilakukan untuk memilih kelurahan terbaik untuk mewakili Kecamatan Tanjung Harapan ditingkat Kota Solok dan Provinsi, untuk itu ada tiga kriteria dalam penilaian yaitu bidang pemerintahan, bidang kesejahteraan rakyat dan bidang ekonomi pembangunan.

“Mudah-mudahan Kelurahan Nan Balimo dapat mewakili Kecamatan Tanjung Harapan ditingkat kota bahkan provinsi serta nantinya mencapai target ditingkat nasional.” tutup Rahman mengakhiri. (cps)

Tags: , , , , , , , , ,