Kelurahan Nan Balimo Gelar Musrenbang Tahun 2018

Kelurahan Nan Balimo Gelar Musrenbang Tahun 2018

Solok, (MC Kota Solok) – Kelurahan Nan Balimo gelar Musrenbang Tingkat Kelurahan Nan Balimo Tahun 2018 di Aula Kantor Lurah Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Selasa (30/01/2018).

Kegiatan Musrenbang tersebut dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Tanjung Harapan tersebut selain dihadiri oleh Ketua LPMK Nan Balimo, Seluruh RT dan RW serta Tokoh masyarakat Kelurahan Nan Balimo, Bundo Kanduang, Pemuda Pelopor dan PKK, Musrenbang tersebut juga tampak dihadiri oleh dua orang anggota DPRD Kota Solok Dapil Tanjung Harapan yaitu Yosri Martin dan Zulkarnain, Kepala Bapeda Kota Solok diwakili oleh Kabid Perencanan, Pelaporan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Trisna Maizora, SE, MM serta OPD terkait.

Musrenbang tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pra Musrenbang yang dilaksanakan pada awal bulan Desember 2017 yang lalu dimasing-masing RW dari 5 (lima) RW yang ada di Kelurahan Nan Balimo. Adapun usulan yang diajukan dalam kegiatan Musrenbang ini terdiri dari 3 bidang usulan yaitu Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya.

Ketua LPMK Nan Balimo, Drs. H. Suhatmi Tole dalam sambutannya menyampaikan “kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan rencana pembangunan di Kelurahan Nan Balimo kedepannya. Beliau juga menyampaikan bahwa rumusan tersebut akan dibawa ke tingkat Kecamatan dan Tingkat Kota nantinya, kita akan selalu kawal dan mudah-mudahan hasilnya akan kita nikmati nantinya”, jelasnya.

Sekretaris Kecamatan Tanjung Harapan, Rusman SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa yang akan dibahas pada Musrenbang ini merupakan pemantapan terhadap rumusan yang telah disampaikan dalam Pra Musrenbang yang lalu. Jika ada penambahan tidak bisa dimasukkan dalam musrenbang hari ini, silahkan diusulkan agar dimasukkan dalam Pokin (Pokok Pikiran) di DPRD nantinya. Selain itu Rusman juga meminta kepada OPD terkait agar menginformasikan jenis-jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini, supaya tidak diusulkan lagi dalam rumusan tersebut”, katanya.

Disamping itu, Anggota DPRD Kota Solok, Yosri Martin dalam arahannya menyampaikan “Musrenbang adalah dasar untuk kegiatan pembangunan di kelurahan. Diharapkan kegiatan ini dikawal sampai tuntas, jangan sampai ada kegiatan yang berdempet seperti yang terjadi di Kelurahan Kampung Jawa, dimana ada kegiatannya yang berdempet dengan kegiatan di Kecamatan Lubuk Sikarah, kegiatan tersebut harus terarah”.

Disisi lain Lurah Nan Balimo Edi Sadarma Putra saat ditemui setelah acara pembukaan berlangsung menyampaikan “kegiatan musrenbang pada hari ini telah menerapkan metode e-musrenbang, dimana usulan yang diterima dari masyarakat yang telah terjaring pada kegiatan Pra Musrenbang bulan Desember kemarin, telah di input dalam sistem sehingga perencanaan pembangunan terintegrasi dari bawah tingkat RT dan RW, kelurahan, kecamatan dilanjutkan ke tingkat kota, dan tentu saja terbuka”, ungkap Edisadarma Putra mengakhiri. (rh)

Tags: , , ,