Kelurahan Nan Balimo Gelar Pra Musrenbang

Kelurahan Nan Balimo Gelar Pra Musrenbang

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan diperlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui suatu forum yang disebut Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Musrenbang dilakukan dalam setiap proses penyusunan dokumen perencanaan yang meliputi dokumen jangka panjang, menengah dan tahunan. Untuk penyusunan dokumen perencanaan tahunan, Musrenbang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga Kota.

Hasil akhir tahapan pelaksanaan Musrenbang tahunan adalah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang ditetapkan dengan Peraturan Walikota.

Proses Musrenbang ini dirancang sederhana dan diharapkan tidak menjadi jeratan administratif bagi pihak Kelurahan sehingga bisa berkonsentrasi pada upaya mewujudkan Kelurahan yang mandiri.

Kualitas usulan diantisipasi melalui Pra Musrenbang yang menutup kemungkinan adanya usulan yang berulang atau tidak sesuai dengan ketentuan.

Pra Musrenbang diharapkan mampu menjadi ajang perumusan dan debat tim perumus untuk kemudian dibawa/diplenokan di Musrenbang Kelurahan. Persoalan kepesertaan Musrenbang yang dari tahun ke tahun tidak berubah diantisipasi lebih awal untuk memastikan lebih banyak lagi kelompok penerima manfaat pembangunan sebelumnya yang diundang.

Kelurahan Nan Balimo yang berada di bawah Kecamatan Tanjung Harapan mulai melaksanakan kegiatan Pra Musrenbang. Kegiatan Pra Musrenbang dilaksanakan di masing-masing RW selama 5 hari terhitung Senin, 7 November sampai dengan Jum’at, 11 November 2022.

Untuk hari Senin (7/11), Pra Musrenbang dilaksanakan RW II di Posyandu Nan Balimo. Hari Selasa (8/11) dilaksanakan RW I di Masjid Al Manar. Pada hari Rabu (9/11) dilaksanakan RW III di Masjid Nurul Huda. Selanjutnya pada Kamis (10/11) dilaksanakan RW IV di Gelangnggang Betung. Kemudian hari terakhir Jum’at (11/11) dilaksanakan RW V di Masjid Hidayatul Akmal. Kegiatan dihadiri oleh Lurah Nan Balimo Jaziarni Rusti,  Ketua LPMK Drs. Suahatmi Tole, fasilitator, tokoh masyarakat, serta RT dan RW.

Kegiatan Pra Musrenbang ini menampung aspirasi masyarakat masing-masing RW. Semua usulan diterima terlebih dahulu untuk kemudian dibawa pada Musrenbang tingkat selanjutnya.

Pra Musrenbang Kelurahan Nan Balimo membahas tiga bidang yang dimusyawarahkan yaitu prasarana wilayah (praswil), ekonomi dan seni budaya yang masing-masing memiliki koordinator bidang. Bidang Praswil oleh Ircok, bidang ekonomi oleh Roni dan bidang seni budaya oleh Sri Darmayanti.

Lurah Nan Balimo, Jaziarni Rusti dalam keterangannya menyampaikan proses Pra Musrenbang merupakan wujud optimalisasi partisipasi penerima manfaat pembangunan sehingga terjadi pembangunan berkelanjutan dan tepat sasaran.

Usulan program yang dihasilkan merupakan usulan yang sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat karena diusulkan dan dibahas oleh penerima manfaat dengan difasilitasi oleh pemerintah kelurahan. Ia berharap semoga usulan yang dibawa nanti dapat diloloskan di tingkat Musrenbang kota dan dapat dilaksanakn oleh OPD terkait. (cps)

Tags: ,