Kelurahan Simpang Rumbio Gelar Sosialisasi Program Penanggulangan Kemiskinan

Kelurahan Simpang Rumbio Gelar Sosialisasi Program Penanggulangan Kemiskinan

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Simpang Rumbio mengadakan sosialisasi program penanggulangan kemiskinan, bertempat di Aula Kelurahan setempat, Rabu, (10/7/2019). Tujuan kegiatan ini agar masyarakat lebih memahami setiap prosedur dan tahapan dari program penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Simpang Rumbio.

Sosialisasi dibuka oleh Lurah Simpang Rumbio Zulkifli, S.Sos yang dihadiri oleh Kasi Kesra Suharlinda, S.Sos, Ketua RT, Ketua RW dan Ketua LPMK, dengan Narasumber Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Solok Drs. Usri Effendi.

Dalam sambutannya, Zulkifli menyampaikan bahwa telah banyak mendapat masukan dari masyarakat terkait kiriteria penerimaan bantuan Komite Pelaksana Percepatan Penanggulangan Kemiskinan  (KP3K) dan diharapkan nantinya dengan adanya kegiatan ini Ketua RT dan Ketua RW bisa menyampaikan  kepada masyarakat yang ada di sekitar Lingkungan RT/RW masing-masing.

Lebih lanjut,  Zulkifli, menyampaikan agar tidak ada lagi kesimpang siuran informasi mengenai kriteria dan kategori warga miskin di tengah masyarakat. “Diharapkan kepada Ketua RT dan Ketua RW untuk kembali mendata ulang warga yang tergolong miskin,” ujar Zulkifli.

Dalam pemaparan materi oleh Narasumber Drs. Usri Effendi menyampaikan masalah kemiskinan adalah kecemasan bersama secara bernegara dan perlu adanya perhatian untuk mengurangi kemiskinan, sesuai atau berdasarkan dari Peraturan Walikota Solok No. 41 Tahun 2012 tentang Komite Pelaksana Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (KP3K) di Lingkungan Pemerintah Kota Solok.

Penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan dan Program Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat.

Dengan Program Kemiskinan yang dilakukan adalah Kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, serta masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi. (amf)

Tags: , , , ,