Kelurahan Simpang Rumbio Gelar Musrenbang Tingkat Kelurahan

Kelurahan Simpang Rumbio Gelar Musrenbang Tingkat Kelurahan

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Simpang Rumbio menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 tingkat Kelurahan yang diadakan di Aula Kantor Lurah Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah, Senin (21/1/2019).

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda Kota Solok yang diwakili oleh Kabid Perencanaan Pelaporan dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Zahirman, Camat Lubuk Sikarah, Ketua LPMK dan Pengurus, Bundo Kanduang, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, Generasi Muda (Organisasi Pemuda).

Kemudian Kepala Sekolah yang ada di Kelurahan Simpang Rumbio, Komite Sekolah, Forum Anak Daerah, TP-PKK serta OPD terkait.

Musrenbang juga tampak dihadiri oleh DPRD Kota Solok, Yutris Can selaku Ketua DPRD dan Rusnaldi, Anggota Komisi III DPRD Kota Solok.

Kegiatan Musrenbang ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pra Musrenbang yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018 lalu, yang dilaksanakan dari masing-masing RW dari lima RW yang ada di Kelurahan Simpang Rumbio, adapun usulan-usulan tersebut terdiri dari tiga bidang, meliputi; Bidang Ekonomi, Sosial Budaya dan Sarana Prasarana.

Camat Lubuk Sikarah, Novri Aprilizen, S.STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang ini adalah hari kedua yang dilaksanakan di Kecamatan Lubuk Sikarah, kegiatan pertama telah dilaksanakan Musrenbang tingkat Kelurahan IX Korong.

“Musrenbang ini merupakan pemantapan terhadap rumusan yang telah disampaikan dalam Pra Musrenbang yang lalu, jika ada penambahan usulan tidak bisa dimasukkan dalam Musrenbang hari ini, dan silahkan diusulkan agar dimasukan dalam Pokir (Pokok Pikiran) DPRD nanti,” ujar Novri.

“Usulan-usulan tersebut diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dan merupakan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang lebih mendasar dan juga diharapkan program-program yang disampaikan jangan berupa fisik saja tetapi juga non fisik serta bersifat keagamaan, sosial budaya dan ekonomi seperti pengolahan sampah lingkungan,” sebut Novri dalam paparannya atas prioritas kegiatan pembangunan di Kecamatan Lubuk Sikarah.

“Alhamdullillah Kota Solok untuk tahun ini kembali mendapatkan Adipura setelah lima tahun tidak mendapat predikat kota Adipura,” ungkapnya.

Sementara, Lurah Simpang Rumbio yang baru dua minggu dilantik, Zulkifli dalam sambutan sekaligus perkenalannya dengan elemen masyarakat Simpang Rumbio mengucapkan terima kasih yang sebesarnya atas partisipasi dalam pelaksanaan kegiatan Musrenbang kelurahan untuk merumuskan prioritas masalah di kelurahan Simpang Rumbio berdasarkan kesepakatan dalam Pra Musrenbang.

Pada Kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can dalam arahannya menyampaikan Musrenbang ini adalah musyawarah untuk memikirkan pembangunan di Kelurahan Simpang Rumbio baik itu Fisik maupun Non Fisik juga untuk membuka peluang usaha ekonomi kerakyatan.

“Musrenbang ini adalah program untuk tahun 2020 dan juga diharapkan ada program-program strategis yang masuk, dalam tahun ini ada program strategis yang dilaksanakan atau dilakukan oleh Pemerintah Daerah yang perlu dukungan dan sokongan dari kita semua masyarakat Kota Solok yaitu Pembangun Stadion yang sangat diharapkan oleh masyarakat Kota Solok, Kelanjutan Pembangunan RSUD Kota Solok, Pembangunan atau Perbaikan Sarana Prasarana tempat Ibadah, Pembangunan Kantor Lurah dan Pembangunan Kantor Camat baik itu di Kecamatan Lubuk Sikarah maupun di Kecamatan Tanjung Harapan,” ungkap Yutris Can.

“Musrenbang ini adalah wujud awal yang dimulai dari Pra Musrenbang dan diharapkan tidak ada lagi atau tidak diperbolehkan ada program-program yang naik di tengah jalan dan sekali lagi kami mengucapkan selamat bermusyawarah secara kekeluargaan,” pungkasnya.

Musrenbang Kelurahan adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik dalam hal ini pemerintah kelurahan, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbang Kelurahan dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Kelurahan. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan kelurahan. (af)

Tags: , , ,