Kelurahan Tanah Garam adakan Bimtek Bantuan RTLH Tahun 2020

Kelurahan Tanah Garam adakan Bimtek Bantuan RTLH Tahun 2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Tanah Garam Kota Solok menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) pemberian dana bantuan dan pembentukan kelompok, serta kelengkapan administrasi bagi penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) oleh petugas RTLH, bertempat di Aula Kelurahan Tanah Garam, Selasa (21/07/20). Acara ini dihadiri oleh Lurah Tanah Garam, Asril, Kasi Ekbang, Ermiyanti, perwakilan Dinas Perkim, Beni Nofrianto (Fasilitator), Marini Rosa dan Lara Afrista, serta penerima bantuan RTLH Tahun 2020 dan pihak terkait.

Acara Bimtek dibuka oleh Lurah Tanah Garam, Asril, yang mengatakan, “Penerima bantuan agar bersedia menerima dan menyelesaikan renovasi rumah hingga siap dihuni. Rumah yang sudah siap direnovasi tidak dianjurkan untuk dikontrakkan dan harus dihuni oleh si penerima bantuan RTLH. Bantuan ini tidak bisa diuangkan kepada penerima bantuan tetapi harus dilakukan dengan penyerahan bahan material langsung kepada penerima bantuan. Semoga bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini dapat membantu meringankan beban masyarakat pada saat sekarang ini,” ujar Asril.

Pada kesempatan tersebut, Beni Nofrianto selaku Fasilitator Dinas Perkim melanjutkan pembahasan dengan menjelaskan, “Penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Tanah Garam tercatat sebanyak 27 KK penerima bantuan. Jumlah dana anggaran yang diberikan senilai Rp 35 juta/KK, dengan rincian dana sebanyak Rp 30 juta akan dibelanjakan untuk biaya bahan material dan Rp 5 juta untuk biaya upah pengerjaan,” ungkap Beni.

Kriteria dan syarat calon penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) adalah masyarakat berpenghasilan rendah dan lahan yang ditempati merupakan lahan milik sendiri. Pelaksanaan renovasi rumah ini akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus 2020 dalam jangka waktu pengerjaan 90 hari terhitung dari hari pertama bahan material diserahkan. (rh)

Tags: , , , , , , ,