Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Kelurahan Tanjung Paku Menjadi Prioritas Kota Tanpa Kumuh Tahun 2017

Kelurahan Tanjung Paku Menjadi Prioritas Kota Tanpa Kumuh Tahun 2017

SOLOK- Kelurahan Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok menjadi skala perioritas dalam penanganan lingkungan kumuh melalui program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) tahun 2017. Diperioritaskannya Kelurahan Tanjung Paku dalam pembenahan lingkungan setelah melalui opservasi dilapangan melalui tim kelompok kerja (Pokja) Perumahan dan Pemukiman jelas Senior Fasilisator  Kecamatan Tanjung Harapan Lisa Ferbrianti di Kota Solok, Senin (31/01/2017).

Guna mewujudkan Kelurahan Tanjung Paku agar layak sebagai kota sehat dan bersih, diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat oleh tim fasilisator yang dilaksanakan di aula kantor camat setempat, dari hasil sosialisasi ternyata masyarakat sangat antusias menyambut program Kota Tanpa Kumuh sehingga pada gilirannya kelurahan itu layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Untuk mendukung Kelurahan Tanjung Paku sebagai kelurahan yang layak huni dan penataan lingkungan yang bersih, dialokasikan dana sebanyak Rp1,3 miliar, dana itu diperuntukan untuk pembangunan drainase disepanjang rel kereta api, pembangunan jalan  di RW II, kata Lisa.

Program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) lanjut Lisa merupakan program pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh serta meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan. Dengan demikian pada hakekatnya akan terwujud pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Pihaknya, tambah Lisa sudah menyusun dokumen Rencana Penataan Lingkungan Pemukiman (RPLP) yang dijadikan landasan dan acuan dalam pelaksanaan pembangunan di Kelurahan Tanjung Paku, dokumen tersebut untuk mengarahkan jalannya pembangunan sejak dini, pengendalikan pertumbuhan dan perubahan fisik lingkungan.

Selain itu, dokumen RPLP juga untuk mewujudkan ruangan secara efektif, tepat guna dan spesipik, bahan itu juga bisa dijadikan masukan pada pemerintah dalam mengarahkan peran serta seluruh pelaku pembangunan khususnya di Kota Solok.(alfian)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.