Kemenag Kota Solok Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 1440 H

Kemenag Kota Solok Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 1440 H

Solok, (InfoPublikSolok) – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok menetapkan standarisasi penentuan besaran Zakat Fitrah tahun 1440 Hijriah yang ditunaikan oleh umat muslim di Kota Solok, Kamis (23/5/2019).

Dalam penetapan Zakat Fitrah oleh Kemenag Kota Solok, sebelumnya tim melakukan peninjauan harga gabah ke instansi terkait diantaranya Bulog Solok, Rice Milling/ Huller dan Pasar Raya Solok, serta dilakukan pertemuan bersama Kepala Kemenag Kota Solok.

Untuk penerimaan zakat secara umum ditetapkan dalam 8 golongan/asnaf (fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah dan ibnu sabil), namun menurut beberapa ulama khusus untuk Zakat Fitrah mesti didahulukan kepada dua golongan pertama yakni fakir dan miskin, seperti yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Kota Solok, Afrizen.

Sementara itu, untuk standarisasi yang ditetapkan adalah Zakat Fitrah yang dibayar dengan beras yakni satu sha’ (1 sha’ = 4 mud, 1 mud = 675 gr) atau kira-kira setara dengan 3,33 liter atau 2,7 Kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan.

Sedangkan Zakat Fitrah ditunaikan dengan uang dibagi dalam ketegori;

Pertama, mereka yang mengkonsumsi beras dengan jenis Anak Daro, Cisokan dan Pandan Pulau, dengan harga Rp. 13.000 s/d 14.000 /Kg besaran Zakatnya 2,7 Kg dan zakat yang harus dibayarkan Rp 35.100 s/d 37.800 per jiwa.

Kedua, masyarakat yang mengkonsumsi beras dengan jenis IR 42 dengan harga Rp. 12.000/ Kg, besaran zakatnya 2,7 Kg dan zakat yang harus dibayarkan Rp 32.400 per jiwa.

Ketiga, warga yang mengonsumsi beras murah dengan harga Rp. 9.950/ Kg, besaran Zakatnya 2,7 Kg dan zakat yang harus dibayarkan Rp 26.86 per jiwa.

Ketua Tim Penentuan Standarisasi Zakat Fitrah dari Kemenag Kota Solok, Emil Isra mengatakan, penentuan Zakat Fitrah setelah tim melakukan observasi harga beras ke pasar serta dilakukan musyawarah. (hd)

Tags: , , , ,