Kemendagri Monitoring Pelaksanaan PPID Kota Solok

Kemendagri Monitoring Pelaksanaan PPID Kota Solok

Solok, (Info Publik Solok) – Dalam rangka monitoring terkait pelaksanaan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi melakukan monitoring ke PPID Utama Kota Solok di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok, Jumat (28/9).

Dr. Handayani Ningrum, SE. M.Si selaku penanggung jawab kegiatan  menyampaikan, setelah melihat langsung kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan PPID Kota Solok yang telah mengakomodir Daftar Informasi Publik (DIP) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai petunjuk teknis yang ada.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku PPID Utama juga telah beberapa kali melaksanakan peningkatan kapasitas bagi pengelola (PPID Pembantu) terkait pengumpulan DIP maupun teknis tata cara unggah data melalui aplikasi SIP PPID. Dinas Kominfo juga telah memfasilitasi berbagai kebutuhan OPD mengenai dokumen-dokumen yang harus dibuka ke publik dalam rangka transparansi informasi.

Sekretaris Dinas Kominfo, Lusya Adelina, SE. MM selaku PPID Utama menambahkan kegiatan pengelolaan informasi ini masih baru, namun Dinas Kominfo terus berusaha untuk menambah DIP sebanyak mungkin dan selalu melakukan monitoring langsung ke OPD dalam rangka pembinaan maupun pendampingan aplikasi sehingga ke depan semakin banyak DIP yang terpublikasi.

Handayani Ningrum juga sangat gembira dengan pencapaian Kota Solok walaupun banyak OPD yang baru terbentuk, namun pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan PPID. “Ini dapat ditandai dengan telah diadakan pelatihan dan telah tersedianya Ruang Layanan Informasi yang cukup representatif bagi pemohon informasi di PPID Utama,” tuturnya.

“Terima kasih kepada Pemko Solok khususnya Diskominfo yang sudah menerima kunjungan Tim dari  Kemendagri, kegiatan ini kami lakukan untuk melihat sejauh mana keterbukaan informasi sudah dijalankan di Kota Solok. Kami melihat tindak lanjut setelah Kemendagri melakukan Sosialisasi Kebijakan dan aplikasi Teknis PPID pada tahun 2017 yang diikuti oleh semua OPD  Kota Solok,” lanjutnya.

Menurutnya, tindak lanjut yang sudah dilakukan Dinas Kominfo selaku PPID Utama telah melaksanakan Bimbingan Teknis kepada semua OPD/PPID Pembantu yang ada di Kota Solok, dengan demikian DIP Kota Solok sudah semakin bertambah dari waktu ke waktu. Dan OPD sudah punya pemahaman yang sama tentang pentingnya keterbukaan informasi dibuktikan dengan jika ada program yang perlu diekspose maka sudah berkoordinasi dengan baik kepada Dinas Kominfo selaku PPID Utama.

“Memang inilah yang diharapkan oleh Kementerian Dalam Negeri yakni daerah bisa berinovasi untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik,” pungkas Handayani. (re/bq)

Tags: , , , , ,