Kenalkan Rukun Haji, 1500 Murid TK/RA se-Kota Solok Ikuti Manasik Massal

Kenalkan Rukun Haji, 1500 Murid TK/RA se-Kota Solok Ikuti Manasik Massal

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebanyak 1.500 jamaah haji cilik dari 17 Taman Kanak- kanak (TK) dan 6 Raudhatul Athfal (RA) se Kota Solok mengikuti manasik haji dengan menjalankan seluruh rukun haji, mulai dari syai, tawaf, melempar jumroh, wuquf hingga tahallul atau memotong rambut, yang digelar di Lapangan Istiqlal Kota Solok, Rabu (21/08).

Para jamaah haji cilik tersebut berbaris rapi yang dikelompokkan berdasarkan kloternya dengan didampingi orang tuanya yang juga mengenakan pakaian serba putih. Jamaah haji kecil diikuti orang dewasa tadi sambil mengumandangkan kalimat ‘Labbaikallahumma Labbaik, Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik, Innalhamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk, Laa Syarikala’.

Manasik haji ini dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok H. Afrizen, didampingi Kasi Pedmad Jasril dan pengawas Hj.Rabiatul Adawiyah mengatakan, kegiatan ini sudah berlangsung lama dan ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi anak usia dini. Dengan mengenal sejak awal, nantinya dalam diri anak-anak sudah memiliki keinginan untuk naik haji.

“Kami Kemenag bersama pemda Kota Solok sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini yang diharapkan nanti dapat memberikan manfaat bagi anak-anak kita ini di masa depan,” ujar Afrizen.

Afrizen menambahkan program rutin ini memberikan dampak positif bagi perkembangan anak di bidang agama. Lembaga pendidikan TK dan RA se Kota Solok karena di era globalisasi saat ini, agama adalah sangat penting sebagai pondasi anak mengarungi kehidupan.

Sementara itu Hj, Yurnita panitia penyelenggara manasik massal mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan, sebagai perkenalan bagi anak usia dini tentang ibadah haji.
“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin setiap tahun. Tapi berbeda dengan sebelumnya, peserta yang mengikuti kegiatan manasik haji tahun ini pesertanya lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara orang tua jamaah cilik dari RA DWP Kota Solok Putri Ayu Permata Sari, mengatakan bahwa terselenggaranya kegiatan ini, menyambut baik bagi perkembangan anak dibidang agama dan perkenalan tentang ibadah haji.

“Siapa tahu anak dan keluarganya bisa benar menginjakan kaki dan berdoa di tanah suci, Mekah. Kegiatan ini harus ditingkatkan,” singkatnya. (hd)

Tags: , , , , , , , , ,