Kepala Sekolah se-Kota Solok Ikuti Kursus Orientasi Mabigus  

Kepala Sekolah se-Kota Solok Ikuti Kursus Orientasi Mabigus   

Solok, (InfoPublikSolok) – Seluruh kepala Sekolah se Kota Solok yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah – sekolah mengikuti kursus orientasi (KO) yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok pada Kamis (12/3/2020), bertempat di Aula SMP Negeri 5 Kota Solok.

Kursus Orientasi untuk Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS) merupakan agenda program Kwarcab Kota Solok tahun 2020 dibuka oleh ketua harian Kak H. Suryadi Nurdal, SH, hadir juga Kepala Dinas pendidikan Kota Solok Dra. Rosavella, MM dan unsur pimpinan Kwarcab Kota Solok.

“Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakulikuler wajib bagi pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang harus diikuti oleh peserta didik, guna menjawab tuntutan permendikbud tersebut, Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok telah melatih para pembina dari berbagai tingkatan disekolah maupun di satuan karya melalui Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KML). Kepala sekolah atau Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka. Mabigus) sebagai pemimpin  di sekolahnya mempunyai peran sentral dan strategis dalam menggerakkan pembina disekolahnya, terutama pembina yang sudah bersetifikasi mahir dasar dan mahir lanjut. Dalam rangka menyatukan gerak lanjut tersebut Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok memandang perlu melaksanakan Kursus Orientasi bagi kepala sekolah selakau Ka.Mabigus dalam rangka memberikan bantuan organisatoris, material dan financial kepada gugus depan.” Yang disampaikan oleh Kak Ahmad Husni, S.Pd sebagai ketua pelaksana kegiatan kursus orientasi.

Suryadi Nurdal dalam sambutan pembukaan kursus menyampaikan, “Mari kita bersama-sama menggerakan roda gugus depan untuk pendidikan kepramukaan bagi anak-anak kita, tentu dengan adanya sokongan dana dari sekolah, penggunaan dana tentu harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, semoga nantinya dengan adanya pemateri kita dari Inspektorat Kota Solok pak Okmel Derita, SE bisa menambah pengetahuan kita tentang penggunaan keuangan di sekolah-sekolah, ” sampai eks Sekda Kota Solok ini.

Kursus orientasi ini juga diisi pemateri oleh Kepala Dinas Pendidikan Dra. Rosavella YD, MM dan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat Wilayah III yaitu bapak Israr A serta pemateri dari kwarcab Kota Solok Kak Drs.H. Iskandar, MM.(js)

 

Tags: , , , , , , ,