Keramaian Malam Kota Solok Menjelang Idul Fitri

Keramaian Malam Kota Solok Menjelang Idul Fitri

Solok, (InfoPublikSolok) – Hari terakhir Ramadan 1440 H, Selasa (4/6/2019), kumandang takbir menggema di setiap sudut Kota Solok menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1440 H setelah satu bulan lamanya kaum muslimin menjalani ibadah puasa.

Sementara, para pedagang kaki lima dadakan di kawasan Simpang Surya hingga jalan Pandan Ujung berlomba mengais rezeki dengan menjajakan aneka pakaian muslim, sendal, sepatu, dan berbagai macam aksesoris lainnya. Tak luput pula pedagang makanan yang berjejer berbaris menggelar dagangannya.

Harga yang ditawarkan oleh para pedagang musiman ini relatif murah, bervariasi mulai dari 5 ribu rupiah hingga puluhan ribu rupiah sehingga menarik antusias warga Kota Solok dan sekitarnya menawar dagangan yang mereka suka.

Menurut Dani, salah seorang konsumen yang sedang berbelanja mengaku sangat senang berjalan di sepanjang jalan pandan. “Selain harga pakaian yang ditawarkan lebih murah kita tidak perlu menawar lagi karna pakaiannya sudah diobral,” ungkapnya.

Sejumlah pedagang mengaku meraup untung minimal Rp. 500 ribu dalam semalam. Seperti kata Kudil, pedagang sendal dadakan mengakui bahwa keuntungannya bisa didapat di atas Rp. 500 ribu semalam.

Di tempat terpisah, Arif salah seorang juru parkir di komplek Pertokoan Bundo Kanduang mengaku parkiran kali ini bertambah memadati bahu jalan karena banyaknya masyarakat yang menuju pasar untuk memenuhi kebutuhan lebaran nantinya.

Namun dibalik ramainya pedagang dan pengunjung di jalanan pandan terselip juga pemudik yang baru datang dari tanah rantau menuju kampung halamannya yang melewati kerumunan pasar dadakan ini, terlihat Perantau yang melewati jalan ada yang berpelat nomor Jambi, Sumsel, Jakarta, Bandung, Riau, Medan dan masih banyak lainnya. (da)