Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Keseruan Anak-Anak TK Ketika Mendapatkan Edukasi dari Damkar Kota Solok

Keseruan Anak-Anak TK Ketika Mendapatkan Edukasi dari Damkar Kota Solok

Solok, (Info Publik Solok)  –  Pemadam kebakaran merupakan profesi yang berat dan penuh risiko. Nah, bagaimana jadinya jika anak-anak TK melakukan pekerjaan orang dewasa yang harus terlatih tersebut?

Pemandangan itu terlihat di halaman Kantor Balai Kota Solok. Sebanyak 100 orang anak TK berlatih menjadi petugas pemadam kebakaran, Kamis (17/03/2022).

Ade Chandra Yuda, SH, MH, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Dunia Usaha, Dinas Damkar Kota Solok, menyampaikan kegiatan ini terlaksana sebagai jawaban atas keinginan anak-anak TK untuk mengenal aktivitas Damkar Kota Solok ketika melaksanakan pemadaman dan rescue.

“Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan pembelajaran yang ada pada TK atau PAUD yakni tentang edukasi air dan api, manfaat dan bahaya yang dapat ditimbulkan,” jelas Ade.

Lebih lanjut Ade Chandra mengungkapkan, Damkar Kota Solok selalu siap membantu dan memfasilitasi sekolah yang ingin melakukan edukasi mengenai air dan api, baik untuk sekolah yang ada di Kota Solok maupun sekolah yang ada di Kabupaten Solok. Pada kegiatan kali ini Damkar Kota Solok memfasilitasi kegiatan edukasi yang dilaksanakan TK Islam Terpadu Sa’adiah Selayo Kecamatan Kubung.

Anak-anak TK yang mengikuti kegiatan ini dikenalkan pada penyebab bencana kebakaran dan bagaimana cara menghindarinya. Selain itu anak-anak TK juga diajari bagaimana tindakan yang tepat saat terjadi kebakaran. Selanjutnya anak-anak TK ini juga diberi pengetahuan tentang sejumlah peralatan di mobil pemadam.

Walau terlihat garang ketika terjadi kebakaran, di hadapan anak-anak TK petugas pemadam kebakaran Kota Solok tampak sabar menjelaskan fungsi-fungsi alat yang digunakan ketika pemadaman. Anak-anak yang mengikuti edukasi ini juga diberikan kesempatan untuk menyemprotkan air sebagai simulasi pemadaman.

Anak-anak TK antre mendapat giliran merasakan sensasi memadamkan api. Anak-anak ini tampak sangat bahagia meski hanya sebentar jadi pemadam kebakaran.

“Ayo, antre yang tertib, bergiliran,” ucap salah satu petugas kepada anak-anak.

Seusai melakukan kegiatan edukasi, petugas pemadam kebakaran memberi juga kesempatan anak-anak TK untuk naik mobil unit pemadam dan berkeliling di sekitar Kota Solok. (ch)

 

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.