Keterpaduan Program Pembangunan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB)

Keterpaduan Program Pembangunan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB)

Solok (InfoPublikSolok) – Kampung Keluarga Berkualitas (KB) adalah satuan wilayah setingkat kelurahan dengan kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program pembangunan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga dan masyarakat.

Target dari dampak yang ingin dicapai di Kampung Keluarga Berkualitas adalah meningkatkan Kesertaan KB, menurunkan unmeet need, menurukan angka kemiskinan, menurunkan angkat stunting dan, menurunkan kematian ibu dan anak.

Untuk mencapai target tersebut, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Fasilitasi Pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas, menghadirkan narasumber dari Koordinator Bidang Dalduk BKKBN Pusat, Ir. Yosrizal dan H. Nofrijal, SP, MA serta Koalisi Kependudukan Provinsi Sumatera Barat ini dilaksanakan di Aula Bappeda Kota Solok, Rabu (27/4).

Diskusi ini dihadiri oleh Walikota Solok yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Nova Elvino, Kepala DPPKB, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Dinas PU dan Tata Ruang, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, DLH, DPK-UKM, Kemenag, DPMP3A, Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Camat dan Lurah se-Kota Solok, serta pokja-pokja dari Kampung Keluarga Berkualitas yang telah terbentuk.

Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Nova Elvino, menyampaikan, dengan adanya FGD dan Fasilitasi serta Pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas diharapkan seluruh kelurahan di Kota Solok menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.

“Saya juga meminta kepada semua lintas sektor yang terkait di Kampung KB ini untuk dapat memfasilitasi dan mendukung berbagai kegiatan pembangunan di Kampung KB, serta ikut berperan aktif dalam memajukan kegiatan yang ada,” pinta Nova.

Kampung Keluarga Berkualitas (KB) merupakan konsep percepatan pembangunan keluarga yang terintegrasi dan komprehensif dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan individu, keluarga, dan masyarakat.

Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas ini adalah berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependukan dan Pembangunan Keluarga, Surat Edaran Kemendagri nomor 442/70/SJ tentang Pencanangan dan Pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas dan Surat Edaran Kemendagri Nomor:843.4/2879/SJ tentang Intensifikasi Kampung Keluarga Berkualitas.

Pada saat ini di Kota Solok telah terdapat tiga kampung keluarga berkualitas, yaitu Kampung KB Payo Sejahtera Kelurahan Tanah Garam, Kampung KB Aur Sejahtera Kelurahan Simpang Rumbio dan Kampung KB Laing Taluak Sejahtera Kelurahan Laing. (tw)

Tags: ,