Ketua DPRD Kota Solok Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Ketua DPRD Kota Solok Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Solok, (InfoPublikSolok) – Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH menghadiri upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, di Halaman Kantor Balaikota Solok, Rabu (10/11/2021) pagi.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapolresta Solok, AKBP Ferry Suwandi, S.I.K, turut dihadiri Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si, Wakil Wali Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, Forkopimda dan Pejabat Pemko Solok, dengan peserta upacara personel TNI, Polri dan ASN.

Upacara yang bertempat di Halaman Kantor Balai Kota Solok ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945.

Pada upacara tersebut, Kapolresta Solok, AKBP. Ferry Suwandi, S.I.K selaku Pembina Upacara membacakan pidato Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai – nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

“Setiap orang bisa menjadi Pahlawan di bidang apapun dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” ungkap Ferry Suwandi.

Selanjutnya Pembina Upacara mengatakan kepada anak-anak Indonesia dalam apapun keterbatasan, kalian harus bisa mengembangkan talenta apa saja, selama tidak ada kata menyerah dan putus asa dan tetap bekerja keras ditengah keterbatasan yang ada.

Teruslah menjadi anak Indonesia yang sebenarnya dengan memahami dan menghormati kesepakatan bersama : Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 sehingga kita dapat menjadi pemenang dalam era kehidupan normal baru.

Mengakhiri pidatonya Pembina Upacara mengajak seluruh bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik.

Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH, mengatakan sesuai tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 yaitu “Pahlawanku Inspirasiku”, maka sebagai generasi penerus bangsa kita wajib meneladani sekaligus meneruskan cita-cita para pahlawan untuk mewujudkan Indonesia menjadi bangsa yang besar dan bermartabat,” pungkas Nurnisma.

Semangat Hari Pahlawan harus tetap dikobarkan dalam setiap dada warga Indonesia, karenanya semangat kepahlawanan harus tetap dijaga sepanjang masa dan jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Srikandi Partai Golongan Karya Kota Solok tersebut mengajak kawula muda untuk menjaga nama baik pahlawan nasional dan berjuang dengan semangat membangun negeri serta mengedepankan kebersamaan, persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita ajak kelompok milenial untuk mencontoh semangat kepahlawan para pejuang dengan mengedepankan kreativitas dan inovasi yang lebih nyata dan menjadikan Indonesia semakin maju dan berkembang. Mari kita bersama-sama membangun Negeri dengan semangat berkarya untuk masa depan Indonesia,” ujarnya.

setelah upacara dihalaman Kantor Balaikota Solok dilanjutkan dengan acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Mutiara Bangsa dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dengan Inspektur Upacara Dandim 0309 Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, dengan rangkaian acara mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan pembacaan doa. Selanjutnya penghormatan terakhir dan penaburan bunga di pusara para pahlawan. (wh)

Tags: , , , ,