Mobil Dukcapil Madinah Optimalkan Pelayanan Adminduk

Mobil Dukcapil Madinah Optimalkan Pelayanan Adminduk

Solok, (InfoPublikSolok) – Disdukcapil Kota Solok akhirnya memiliki fasilitas yang memang sangat dibutuhkan untuk pelayanan masyarakat secara optimal. Selasa (17/12) kemarin, mobil pelayanan keliling Disdukcapil Kota Solok yang diberi slogan Dukcapil Madinah, sudah dapat dioperasionalkan ke lokasi yang telah dijadwalkan ataupun kelokasi tempat masyarakat membutuhkan.

Sesuai dengan slogannya “Dukcapil Madinah” (melayani dengan amanah), pelayanan keliling dapat diberikan kepada masyarakat, hal ini juga mempermudah inovasi-inovasi yang ada pada Disdukcapil Kota Solok, seperti “Pelangi” (Pelayanan Langsung Didatangi) dan C-Spot (Capil spot).

Sebagai contoh, tahun lalu jika ada masyarakat Kota Solok yang tidak dapat datang ke kantor Dinas Dukcapil untuk perekaman KTP karena sudah lansia ataupun karena faktor psikologis, maka tim dari Disdukcapil akan mendatangi rumah tersebut untuk melakukan perekaman KTP dengan membawa satu set alat perekaman menggunakan mobil seadanya. Hal ini dilakukan agar data seluruh penduduk Kota Solok  tercatat dalam database kependudukan.

“Pengadaan mobil pelayanan keliling ini baru dapat dilaksanakan pada akhir tahun ini karena faktor keterbatasan anggaran yang selama ini tidak memungkinkan untuk Disdukcapil memiliki mobil pelayanan keliling. Untuk fitur yang disediakan didalamnyapun masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan, karena peralatan perekaman yang akan dipakai untuk saat ini masih menggunakan peralatan lama yang tentunya masih sangat layak dipergunakan untuk perekaman KTP-el, namun semua kendala tersebut tidak mengurangi kualitas pelayanan Disdukcapil” terang Sekretaris Disdukcapil Bitel, SH.MH saat ditemui awak redaksi IPS diruangannya.

Hadirnya mobil pelayanan keliling ini merupakan kesempatan yang baik untuk pelayanan jemput bola akhir tahun ini, karena saat ini sedang dilakukan perekaman KTP-el ke SMA . Sehingga dengan mudahnya akses menuju lokasi tempat warga membutuhkan, masyarakat Kota Solok akan meningkat tingkat kesadarannya dalam kepemilikan dokumen kependudukan. (am)

Tags: , , , , , ,