Peduli Lingkungan, Kodim Solok Gelar Aksi Tanam Pohon di Bukit Baruang-Baruang

Peduli Lingkungan, Kodim Solok Gelar Aksi Tanam Pohon di Bukit Baruang-Baruang

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan, Kodim 0309/Solok melaksanakan aksi penghijauan di Bukit Baruang-Baruang Kelurahan Tanjung Paku, Kota Solok, Kamis (5/8/2021).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasdim 0309/Solok, Mayor Inf Hendra Bagus Arioko dan diikuti 35 orang anggota Kodim 0309/Solok dalam rangka pelaksanaan program kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup tahun 2021 di wilayah Kodim 0309/Solok.

Kasdim 0309/Solok, Mayor Inf Hendra Bagus Arioko melakukan penanaman pohon secara simbolis, diikuti personil Kodim lainnya melaksanakan kegiatan penanaman beberapa pohon seperti pohon mahoni, mangga, rambutan dan durian serta jenis tumbuhan lainnya di Bukit Baruang-Baruang Kota Solok.

“Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan yang merupakan program dan perintah dari komando atas yang harus dilaksanakan di seluruh satuan jajaran Kodam I/Bukit Barisan,” ucap Mayor Inf Hendra Bagus Arioko.

Kasdim 0309 mengaharapan penyelenggaraan program kegiatan pembinaan lingkungan hidup ini dapat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, khususnya dalam kegiatan penghijauan dengan mengambil tema Bersinergi dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan.

“Dengan kegiatan penghijauan ini diharapkan dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan rawan longsor, banjir dan kekeringan di wilayah Kodim 0309/Solok,” lanjut Mayor Inf Hendra Bagus Arioko.

Penanaman pohon dapat memberikan fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus memberikan buah kehidupan yang bisa dinikmati ke depan nantinya.

“Mari kita jaga dan kita rawat pohon ini sehingga nantinya pohon ini dapat berbuah dan kita bisa menikmatinya,” tutur Mayor Inf Hendra Bagus Arioko.

Dalam kesempatan yang sama Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0309/Solok Kapten Inf Kristian Napitupuli menyampaikan, banyak terima kasih kepada para peserta kegiatan penghijauan.

“Walaupun tengah menghadapi situasi Pandemi Covid-19, kita masih dapat melaksanakan kegiatan ini, tetap pedomani protokol kesehatan dengan pakai masker, biasakan cuci tangan, jaga jarak, biasakan pola hidup bersih dan sehat setiap kita melaksanakan kegiatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

“Semoga untuk kegiatan pelestarian lingkungan hidup dengan penanaman pohon ini bukan hanya sekedar seremonial melaksanakan program, namun juga selalu kita pelihara yang tujuan nantinya untuk generasi penerus kita dan dapat dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita di masa mendatang,” lanjutnya.

Salah seorang warga Kelurahan Tanjung Paku, Erikson Pono mengucapkan terima kasih kepada anggota Kodim yang melaksanakan penghijauan dan memberikan bibit tanaman kepada masyarakat untuk ditanam di areal Bukit Baruang-Baruang. (hn)

Tags: , , , , , , , ,