Kominfo Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi SP4N Lapor!

Kominfo Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi SP4N Lapor!

Solok (InfoPublikSolok) – Dalam rangka perbaikan dan peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat Kota Solok, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi penggunaan Aplikasi SP4N-LAPOR! bagi masyarakat bertempat di Aula SMPN 5 Kota Solok, Kamis (11/15).

Kegiatan pada Bidang Pengelolaan Informasi dan Media Komunikasi Publik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau pemahaman kepada peserta tentang bagaimana cara penggunaan aplikasi LAPOR!-SP4N dan apa saja bentuk-bentuk pengaduan yang dapat disampaikan melalui aplikasi LAPOR!-SP4N.

“Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjadi tujuan yang hendak dicapai dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Kota Solok. Pemerintah pada dasarnya merupakan pelayan masyarakat. Teknologi informasi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Solok,” jelas Zulfadli, SH, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Kota Solok pada saat menyampaikan laporan Panitia.

Kegiatan ini menghadirkan peserta berjumlah 200 orang yang terdiri dari unsur Tokoh masyarakat, Lurah, RT/RW, LPMK, Bundo Kandung, Organisasi Pemuda serta anggota KIM (kelompok informasi masyarakat). Pada sosialisasi ini Kominfo menghadirkan Narasumber yaitu Admin Pusat Lapor dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (PAN-RB).

“Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat semakin kritis dalam rangka ikut mengawasi pemerintahan dalam menjalankan progam dan kebijakannya bagi masyarakat Kota Solok,” imbuh Kepala Dinas Kominfo.

Walikota Solok pada saat pembukaan menyampaikan, ”Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 merupakan langkah awal untuk mendorong kinerja lembaga negara yang lebih berorientasi pada pelayanan. Berbagai langkah perbaikan dan inovasi terus dilakukan untuk memastikan agar pelayanan publik semakin cepat, tepat, efisien, dan pada akhirnya masyarakat semakin dimudahkan dalam memperoleh hak-haknya.” jelas Zul Elfian

“Di era teknologi komunikasi dan informasi saat ini, maka sudah sepatutnya Pemerintah menyediakan layanan publik terbaik kepada masyarakat kita. Aplikasi LAPOR!-SP4N merupakan salah satu bentuk layanan yang ditetapkan oleh Pemerintah yang dikoordinasikan, dikelola dan diawasi oleh tiga lembaga dalam bentuk kemitraan antara Kementerian PAN-RB, Kantor Staf Kepresidenan dan Ombudsman Republik Indonesia,” tambah orang nomor satu di Kota Solok ini.

Walikota juga menegaskan bahwa Pemerintah sangat terbuka terhadap berbagai masukan dari masyarakat, manfaatkan berbagai saluran yang ada termasukan pengaduan. Pembangunan yang kami lakukan sesuai dengan dokumen RPJMD dan sangat mengharapkan dukungan penuh dari semua pihak. Walikota juga sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Tokoh masyarakat, RT/RW dan Pemuda karena dengan kebersamaan kita bisa mewujudkan apa yang telah direncanakan.

Penurunan angka kemiskinan, pembangunan stadion standar Nasional, rumah sakit umum daerah men jadi prioritas pemerintah saat ini, termasuk mewujudkan Kota Solok serambi Madinah sehingga melalui peningkatan iman dan taqwa masyarakat dapat tercapai. Magrib mengaji, shalat berjamaah di masjid serta mematikan TV pada malam hari dapat terus ditingkatkan.

Kesempatan itu Walikota juga menyampaikan bahwa Kota Solok mendapat apresiasi dari Kementerian PAN-RB, dimana Kota Solok mendapat posisi 25 terbaik Pengelolaan SP4N Lapor di tingkat nasional, capaian ini menjadi prestasi tersendiri bagi pemerintah Kota Solok.

Pada saat pemaparan, narasumber menjelaskan mengenai apa itu sistem pengaduan lapor nasional, jenis layanan, Lembaga yang terlibat serta tiga fitur yang ada pada aplikasi Lapor yaitu Anonim yang merahasiakan identitas pelapor. “Rahasia yang membuat aduan tidak bisa dilihat oleh semua pihak, serta tersedinya fitur tracking.id yang dapat memantau sejauh mana proses laporan telah berjalan,” ujar Rizky Dwiputra, S.Kom.

Data terakhir sudah ada 769.610 jumlah pelapor dan 1.335.461 aduan yang masuk di Admin Lapor pusat. Selanjutnya pada top aduan yang banyak dilaporkan oleh publik ialah mengenai Forlap Dikti, tes CPNS, KTP-el, Kartu Indonesia Pintar serta paspor online.

“Berdasarkan data di Admin pusat Kota Solok termasuk cepat dalam hal menindaklanjuti laporan dari masyarakat yaitu rata rata dalam 1 hari langsung diproses oleh admin penghubung,” papar Analis Pengaduan PAN-RB ini.

Peserta pada kegiatan ini cukup antusias dimana pada saat diskusi banyak yang bertanya baik mengenai aplikasi, peran serta, keamanan dan kerahasiaan pelapor. Kemudian pada saat praktek narasumber memandu langsung dalam hal memberikan contoh jika masyarakat ingin menjadi pelapor serta mendaftar lewat aplikasi Lapor. Pada saat closing statement Rizky kembali mengingatkan peserta bahwa masyarakat harus Berani Lapor demi pelayanan publik yang lebih baik. (eg)

Tags: , , , , , , ,