Komisi III DPRD Kota Solok: Didepan SDN 21 Simpang Rumbio Perlu Petugas Pengatur Lalu Lintas

Komisi III DPRD Kota Solok: Didepan SDN 21 Simpang Rumbio Perlu Petugas Pengatur Lalu Lintas

Solok, (InfoPublikSolok) – Lalu lintas yang padat pada saat jam berangkat kantor dan jam pulang kantor serta kondisi anak pergi ke sekolah yang sering lalu lalang pada saat di pagi hari membuat Jalan rawan kecelakaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Komisi III DPRD Kota Solok yang dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi III, Rusnaldi,Amd bersama anggota Komisi III diantaranya Amrinof Diaz Dt Ula Gadang,SH dan Ade Merta,S.Pd melakukan rapat kerja bersama mitra Komisi III yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Solok, Asril serta Staf Ahli bidang hukum, M Syafni, Jumat (19/2).

Rapat kerja ini dilaksanakan guna mencarikan solusi untuk mencegah dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang biasa terjadi di jalan depan Sekolah Dasar Negeri 21 Kelurahan Simpang Rumbio. Selain melakukan pengaturan lalulintas hal tersebut juga membantu siswa yang akan menyeberangi jalan yang lalu lintas cukup padat, hal itu untuk mengurangi angka kecelakaan lalulintas, serta memberikan pemahaman tentang keselamatan di jalan raya kepada pengguna jalan yang melintas, hal ini demi terjaganya keselamatan guru dan siswa.

Wakil Ketua Komisi III menyampaikan perlu kehadiran petugas Dinas Perhubungan dan Petugas Kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas membantu siswa sekolah menyeberang jalan,kehadiran petugas untuk mengatur lalu lintas di depan SDN 21 akan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama menghilangkan kekhawatiran orang tua murid saat anaknya menyeberang masuk kesekolah.

“Kami meminta kepada Dinas Perhubungan untuk menempatkan petugasnya guna melakukan kegiatan pengaturan lalu lintas secara rutin dilaksanakan pada jam keberangkatan maupun jam pulang anak sekolah setiap harinya, kecuali hari libur,” kata Rusnaldi.

Komisi III juga meminta agar dipasang pita kejut maupun rambu-rambu jalan ataupun pemasangan bareal atau trafikun sepanjang 50 meter guna mengurangi laju kendaraan dan mengingatkan pengguna jalan agar tidak terlalu kencang berkendara di depan kawasan sekolah.

“Komisi III siap mendukung penganggaran pada Dinas Perhubungan yang berkaitan program keamanan, kelancaran dan kenyamanan di jalan raya,” ungkap Rusnaldi.

Kepala Dinas Perhubungan, Asril mengatakan akan menempatkan petugas untuk membantu mengatur lalu lintas di depan SDN 21 Simpang Rumbio, mulai Senin (22/2/2021). Akan dilakukakan pengaturan lalu lintas oleh petugas pada titik-titik yang di anggap rawan kecelakaan.

“Untuk saat ini, kami sudah menempatkan petugas Dinas Perhubungan yang bekerjasama dengan pihak kepolisian disetiap persimpangan, depan sekolah maupun perkantoran untuk membantu mengatur lalu lintas. Petugas sudah berada dilapangan pagi hari dimulai pada pukul 06.30-07.30 WIB,” jelasnya. (wh)

Tags: , , , , , , ,