Komite SMPN 4 Kota Solok Periode 2019-2022 Terbentuk

Komite SMPN 4 Kota Solok Periode 2019-2022 Terbentuk

Solok, (InfoPublikSolok) – Komite Sekolah adalah Lembaga mandiri yang beranggotakan Orang Tua / Wali Peserta Didik, Komunitas Sekolah serta Tokoh Masyarakat yang peduli pendidikan. Komite sekolah berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan, dengan menjalankan fungsisnya ini secara gotong royong, demokratis, mandiri, professional dan akuntabel dengan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah.

Pengurus komite SMPN 4 Kota Solok periode sebelumnya yang dipimpin oleh Ida Nirwana, SE. M.Si telah berakhir masa kerjanya. Maka dengan merujuk pada Permendikbud No. 75 Tahun 2016 maka harus dilaksanakan rapat dengan Wali murid untuk membentuk Pengurus yang baru. Berdasarkan hal tersebut, diadakan kegiatan pertemuan dengan seluruh Wali murid siswa Kelas VII sampai Kelas IX di aula sementara SMPN 4, Sabtu (23/08/2019).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Arniwati. NZ, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada pengurus komite sebelumnya dibawah kepemimpinan Ida Nirwana, SE. M.Si yang telah ikut bersama-sama membangun SMPN 4 Kota Solok. Namun karena masa jabatan sudah habis maka dengan berat hati diadakanlah pertemuan ini untuk membentuk kepengurusan yang baru, tuturnya.

Proses pemilihan calon pengurus dipimpin langsung oleh Ketua Komite yang lama yang menjaring lima nama dari usulan peserta rapat berdasarkan kriteria yang terdapat pada Permendikbud No. 75 Tahun 2016, bahwa anggota komite sekolah tidak dapat berasal dari unsur : 1. pendidik dan tenaga kependidikan dari sekolah yang bersangkutan, 2. Penyelenggara sekolah yang bersangkutan, 3. Pemerintah desa, 4. Forum koordinasi pimpinan kecamatan, 5. Forum koordinasi pimpinan daerah, 6. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; dan atau 7. Pejabat pemerintah/pemerintah daerah yang membidangi Pendidikan.

Kepengurusan komite SMPN 4 Kota Solok periode 2019-2022 telah terbentuk terdiri dari Ketua Anggri Nursya, Wakil Ketua Hengki, Sekretaris Yeni Gusmaria, Wakil Sekretaris Wahyu Yudistira sabagai dan Bendahara Om Satria.

Kepengurusan telah terbentuk  secara akuntabel dan demokratis, langsung melakukan rapat yang dipimpin oleh pengurus yang terpilih tanpa dihadiri oleh Kepala Sekolah dan semua komponen dari sekolah sehingga tidak ada campur tangan sekolah terhadap keputusan rapat dan menyampaikan hasil rapatnya pada unsur pimpinan sekolah

Berdasarkan Permendikbud No. 75 Tahun 2016, Orang Tua siswa melalui pengurus komite sekolah dibolehkan untuk melakukan penggalangan dan sumber daya Pendidikan lainnya dalam bentuk bantuan dan atau sumbangan bukan pungutan untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan Pendidikan.

Besar harapan semua komponen sekolah dengan terbentuknya kepengurusan komite SMPN 4 Kota Solok periode 2019-2022 tercipta sinergi yang baik antara sekolah dengan Orang Tua siswa serta masyarakat dan dapat memberikan perubahan terhadap kualitas pendidikan yang dilaksanakan di sekolah sehingga lulusannya juga semakin berkualitas. (h)

Tags: , , ,