KONI Kota Solok Buka Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Ketum

KONI Kota Solok Buka Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Ketum

Solok, (InfoPublikSolok) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok masa jabatan 2017-2021 akan akhiri masa jabatannya terhitung tanggal 29 Desember 2021 mendatang, maka dengan berakhirnya masa kepengurusan yang lama maka saat ini KONI Kota Solok tengah membuka bursa calon ketua untuk masa jabatan 2021-2025.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP), Roni Kurniawan yang didampingi Ketua Steering Commitee (SC) sekaligus Sekretaris KONI Kota Solok, Oktavianus, Dt Rajo Alam.SH, saat dikonfirmasi disekretariat KONI Kota Solok, Senin (15/11/2021) mengatakan, pengambilan formulir dan berkas pencalonan serta pengembalian formulir dan melengkapi persyaratan dilakukan mulai 11 November – 22 November 2021.

Tanggal 23 November hingga 25 November 2021 dilakukan verifikasi berkas bakal calon ketua KONI. Selanjutnya 26 hingga 28 November 2021 pengembalian berkas bagi bakal calon yang tidak lengkap untuk dilengkapi kembali bagi bakal calon tersebut dan selanjutnya pada tanggal 1 Desember 2021 akan dilaksanakan penetapan nama calon Ketua Umum.

“Sampai tanggal 15 November 2021 baru satu bakal calon yang mengambil formulir dan berkas pencalonan untuk Bakal Calon Ketua KONI Kota Solok, untuk Pengambilan formulir bisa diwakilkan, tapi pengembalian formulir harus yang bersangkutan,” katanya.

Menurutnya, bakal calon ketua KONI Kota Solok harus mendapat dukungan minimal 30 persen Pengurus Cabang Olahraga dari yang terdaftar di KONI Kota Solok saat ini sebanyak 47 cabor. Hal ini dibuktikan dengan surat dukungan dari cabor yang ditandatangani ketua Cabor.

Sekretaris KONI menambahkan, kriteria calon ketua umum KONI Kota Solok antara lain, berusia sekurang kurangnya 30 tahun yang dibuktikan dengan identitas KTP serta berpendidikan minimal SLTA atau sederajat, mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian, dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi keolahragaan dan tidak terkait dengan jabatan struktural dan jabatan publik TNI/ Polri sesuai dengan Un dang Undang Nomor 3 Tahun 2005 dan Pasal 56 Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007.

Kemudian calon terpilih harus siap menjalankan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KONI, serta mampu menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga. Kemudian, mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi, mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi, mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan tingkat regional maupun nasional.

“Itu beberapa persyaratan, bagi yang berminat dipersilahkan untuk menghubungi sekretariat Tim Penyaringan dan Penjaringan Ketua KONI di Sport Hall Tanjung Paku. Lebih lanjut diterangkannya, berkas calon ketua umum tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi oleh TPP yang berjumlah lima orang yakni, Roni Kurniawan, Riyan D wicahya, Dede Rifki Fernanda, Dian Permata Ramadhani dan Wafika Badriah.

“Hasil Verifikasi Tim Penjaringan dan Penyaringan bersama SC inilah nantinya yang akan disampaikan kepada Ketua KONI Kota Solok untuk ditetapkan menjadi Calon Ketua KONI Kota Solok periode 2021 – 2025.” tambahnya.

Sementara itu Ketua Organizing Committee (OC) Musrokablub KONI Kota Solok, Rahman Hidayu mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan persiapan untuk kesuksesan acara yang dimaksud. “Persiapan sejauh ini berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yaitu pada tanggal 13 Desember 2021 mendatang bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh, mudah-mudahan waktu tersebut tidak berubah, dan kita berharap acara ini nantinya akan berlangsung dengan sukses dan lancar.” ujarnya.

Rencana pelaksanaan Musrokablub ini merupakan tindaklanjut dari hasil rekomendasi yang disepakati dalam rapat koordinasi (rakor) KONI Kota Solok yang digelar tanggal 10 November 2021 lalu. Salah satu agenda dalam rakor tersebut adalah silaturahmi bersama seluruh cabang olahraga dan pengurus KONI Kota Solok, yaitu pembentukan Tim penyaringan dan penjaringan ketua KONI Kota Solok pada rapat koordinasi pengurus KONI pada tanggal 4 November 2021 lalu. (wh)

Tags: , , ,