Kota Solok Gelar Festival Pangan Lokal B2SA

Kota Solok Gelar Festival Pangan Lokal B2SA

Solok, (InfoPublikSolok) – TP-PKK Kelurahan PPA tampil sebagai Juara I pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan Kota Solok bekerjasama dengan TP-PKK Kota Solok di Balairung 99 Kediaman Walikota Solok, Kamis (18/7).

Festival Pangan Lokal B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, Aman) dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, turut hadir Ketua TP-PKK Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok, Elfia Reinier, Ketua DWP Kota Solok Ria Rusdianto, Camat dan Lurah se-Kota Solok, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan.

Peserta merupakan perwakilan dari TP-PKK Kelurahan se Kota Solok dengan masing-masing mengutus 5 orang sehingga peserta berjumlah 65 orang. Dewan juri berasal dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar Syofia Eka Masti, Chef Hotel Hayam Wuruk Padang Mulyadi, Dosen Tata Boga UNP Dra. Lucy Fridayati, M. Kes, dan dari Dinas Pangan Kota Solok Yurmiati dan Sil Azhra.

Kusnadi sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan dalam laporanya bahwa pada festival ini peserta menampilkan paket lengkap menu makan siang atau Lunchbox B2SA dengan bahan pangan lokal selain beras dan terigu.

“Silahkan peserta berkreasi dan berinovasi semenarik mungkin sehingga lunchbox yang ditampilkan selain bernilai gizi tinggi, juga memiliki nilai ekonomis. Pemenang tingkat Kota nantinya akan mewakili Kota Solok untuk mengikuti lomba tingkat provinsi yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Pangan Sedunia.” jelas Kadis Pangan ini.

Wakil Walikota dalam sambutannya menantang Dinas Pangan dan TP-PKK dapat membuat terobosan baru yang merupakan hasil dari festival pangan lokal ini. “Silahkan manfaatkan fasilitas kita yang telah ada untuk dapat mempromosikan produk-produk pangan lokal ini, sehingga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi ibu-ibu PKK dan pengembangan pangan lokal kita secara berkelanjutan,” tantang Reinier.

Apresiasi diberikan bagi peserta terbaik pada festival pangan lokal B2SA yaitu penghargaan Juara I diraih oleh TP-PKK Kelurahan PPA mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 2.5 Juta, Juara II diraih oleh TP-PKK Kelurahan Sinapa Piliang mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 2 juta, Juara III diraih oleh TP-PKK Kelurahan VI Suku mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 1.5 Juta.

Disamping itu juga terdapat 3 kelompok juara favorit, yaitu Juara favorit kreasi menu aplikatif yang diraih oleh TP-PKK Kelurahan Simpang Rumbio, Juara favorit kreasi cita rasa diperoleh oleh TP-PKK Kelurahan IX Korong dan Juara Favorit kreasi menu beragam dan berimbang diraih oleh TP-PKK Kelurahan Tanah Garam, dengan masing-masing berhak membawa pulang uang tunai sebesar Rp. 1 juta. (rab)

Tags: , , , , ,