Kota Solok Ikuti Live Stock Expo Peternakan Tahun 2015

Kota Solok Ikuti Live Stock Expo Peternakan Tahun 2015

expoSolok,(MC)- Sapi simental, sapi PO dan kambing Peranakan Etawa hasil dari peternakan mandiri Kota Solok dipamerkan dilapangan GOR Singa Harau Nagari Sari Lamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat, Kamis (01/10) dalam acara Kontes Ternak Sumbar. Kontes tersebut diadakan dalam Peringatan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan Tema Live Stock Expo 2015. “Dalam kegiatan ini di pamerkan beragam sapi terbaik asal kabupaten/kota di Sumbar. beberapa jenis sapi yang ditampilkan diantaranya Simental, Sapi Bali dan kerbau. Sapi- sapi tersebut merupakan sapi terbaik dari masing – masing daerah tingkat II yang ada di Sumatera Barat dengan bobot dan kualitas terbaik. Tak hanya sapi, juga terdapat Kambing Etawa yang kini telah dikembangkan di beberapa daerah diSumbar. Dari pantauan post Rakyat di lapangan, para pengunjung tampak antusias melihat hewan ternak yang didominasi jenis sapi dan kambing Etawa. Sebab ternak yang dipamerkan memang sapi dan kambing etawa yang punya ukuran besar. Pada kegiatan yang dilaksanakan dari Kamis (01/10) hingga sabtu (03/10), juga dilaksanakan pameran hasil peternakan dan pertanian dari 19 kabupaten/kota di Sumbar.
Sapi asal Kota Solok yang ditampilkan pada Live Stock Expo Tahun 2015 yang di adakan Di GOR Singa Harau Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota, merupakan sapi bantuan untuk keluarga miskin dikelurahan KTK sebanyak satu ekor dan satu ekor sapi dari peternak Mandiri Kelurahan Kampung jawa. sapi bantuan masyarakat miskin tersebut memiliki berat 200 Kg dengan jenis PO. Selain itu juga di ikut sertakan Sapi jenis Simental Anak dan Kambing Peranakan Etawa (PE) yang berasal dari peternak mandiri di Kelurahan Kampung jawa. Dalam kontes ternak kali ini Kota Solok mendapatkan Juara 3 pada pertandingan Futsal, Juara 1 Asah Terampil, Juara 3 Kontes ternak sapi PO Betina dan Juara 2 kontes anak kambing etawa pejantan.
Kepala Dinas Pertanian,Perikanan dan Kehutanan Kota Solok,Jefrizal,Spt,MT dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Livestock Exspo Tahun 2015 dengan tema “Melalui pameran pembangunan peternakan/live stock expo 2015 kita tingkatkan kualitas produk unggulan Daerah dan daya saing dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA) 2015,” Dengan ikut sertanya Kota Solok dalam Livestock Exspo Tujuannya untuk meningkatkan pengembangan investasi agribisnis peternakan yang kondusif, saling membutuhkan , saling memperkuat dan saling menguntungkan. Khusus untuk Kota Solok, kami merasa kegiatan ini sangat bermanfaat, karena bisa menginformasikan kepada masyarakat tentang perkembangan peternakan di Kota Solok. melalui kegiatan Livestock Expo Peternakan, Kota Solok dapat mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap pentingnya nilai gizi dan pangan asal ternak untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Masyarakat. Kemudian untuk menumbuhkan minat masyarakat berusaha dibidang peternakan, memotivasi dan menstimulasikan para peternak dan pelaku agribisnis /agroindustri peternakan untuk memproduksi ternak dan hasil olahan yang berkualitas sesuai dengan permintaan pasar.”pada tahun 2015 ini Kota Solok memiliki program IB gratis untuk 240 peternak dengan program GBIB (Gerakan Birahi Inseminasi Buatan) yang berasal dari Dana APBN dan untuk 250 peternak dengan program target APBD. Selain itu Kota Solok akan memberikan tata kelola usaha peternakan bagi petani peternak yaitu memberikan pengetahuan tentang pemeliharaan ternak yang baik dan juga tentang kesehatan hewan dalam bentuk vaksinasi, serta akan memberikan pendampingan pada peternak yang menerima bantuan program antara lain SPSS (Satu Petani Satu Sapi) dan GPP ( Gerakan Petani Produktif).Jelas Jefrizal,Spt,MT.

 

Sejalan dengan itu Wakil Ketua DPRD Kota Solok,Martin Jofari.S.Sos disela – sela mengahadiri acara penutupan Live Stock Expo tahun 2015 mengungkapkan, bahwa dengan ikut sertanya Kota Solok dalam acara Live Stock Expo Peternakan tahun 2015 ini merupakan suatu apresiasi bagi Dinas Pertanian,Perikanan dan Kehutanan Kota Solok yang telah mampu menorehkan prestasi di bidang peternakan. Kota Solok secara potensial bisa dijadikan pengembangan peternakan terutama sapi potong dan kambing Etawa seperti beberapa kelurahan yaitu Kelurahan Tanah Garam,Kelurahan Kampung Jawa,Kelurahan Laiang, Kelurahan VI Suku dan kelurahan Nan Balimo lantaran didukung dengan ketersediaan lahan. “melalui acara Live Stock Expo peternakan kita akan dapat mempromosikan ternak dan bernilai ekonomis sangat tinggi. Makanya, Kota Solok lebih fokus lagi dalam usaha meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak ke depan,” tegas Martin Jofari,S.Sos.(wahyu)

Tags: