Kota Solok Jadi Percontohan Open Government Partnership

Kota Solok Jadi Percontohan Open Government Partnership

 

Solok, (InfoPublikSolok) -Menindaklanjuti MoU antara Pemerintah Kota Solok dengan Media Link dan Integritas terkait pelaksanaan Open Government Partnership (OGP) di Kota Solok Tim perwakilan dari Media Link mendatangi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok (2/10) dalam rangka menindaklajuti pertemuan sebelumnya. Saat ini telah ada draf awal rencana aksi daerah OGP di Solok pada tahun 2018 – 2020. Draf ini merupakan hasil kolaborasi dari beberapa OPD terkait dengan perwakilan CSO yang menyasar pada keterbukaan informasi, pengaduan layanan publik yang terintegrasi dengan SP4N yang responsif, Open Procurement dan Open budget.

Kepala Dinas Kominfo Kota Solok Zulfadli, SH, M.Si menyambut langsung kedatangan Tim ini diruang kerjanya didampingi oleh Sekretaris, Lusya Adelina, SE, MM dengan didampingi Kepala Bidang PIMKP dan Kasi/ Kasubag.

Perwakilan dari Media Link menerangkan bahwa Perkumpulan integritas (NGO) ini berdiri sejak  tahun 2015 dan telah beberapa kali menjalin komunikasi dengan Walikota Solok, dimana beliau sangat tertarik dengan rencana ini dan sangat berharap adanya support masyarakat dalam pencapaian Visi  Misi Kota Solok. Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Solok dan Media Link telah dilaksanakan pada bulan Maret 2018. Kegiatan Media Link berupa pendampingan beberapa wilayah percontohan Open Government. Keterbukaan informasi publik, Open Budgeting, Open Procurement (pengadaan) Mekanisme komplain (pengaduan Offline/Online).

“Demi menghasilkan Rencana Aksi Daerah yang baik, terukur dan berdaya guna bagi perbaikan layanan publik dan pengelolaan keuangan daerah di Kota Solok, maka kami merasa perlu melakukan kordinasi lanjutan (Assessment) dalam rangka penajaman dengan stakeholder” Jelas Arif

Forum Assessment pertama telah dilaksanakan sebelumnya dengan fasilitasi pertemuan oleh Sekretariat Daerah. Dari assessment awal, belum tergambar lengkap data/ informasi untuk Pengembangan Open Government Kota Solok, sehingga dibutuhkan dua kali pertemuan lagi untuk assessment lanjutan.

Menanggapi hal tersebut Kadis menjelaskan, “Bahwa kami selalu berkoordinasi dengan Kementerian terutama menyangkut pelaksanaan Program/ Kegiatan yang ada, saat ini PPID Kota Solok masuk nominasi 10 besar Pemeringkatan Badan Publik Komisi Informasi, kemudian Lapor SP4N sudah terintegrasi dengan adanya tidak lanjut aduan masyarakat mencapai 100%.”

“Kota Solok membutuhkan hasil assessment, akan ada rekomendasi terkait perbaikan kegiatan dan pengganggaran, tidak hanya terbatas pada peningkatan kapasitas aparatur, untuk menilai sejauh mana perkembangan Open Data Kota Solok,” tambah Sekretaris.

Akhirnya disepakati bahwa setelah Forum Assessment dengan melibatkan beberapa OPD terkait serta Kepala Daerah selesai akan ada tindak lanjut berupa Workshop dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi, Ombudsman RI dan lainnya. “Kami melihat Kota Solok cukup layak sebagai wilayah percontohan Open Government Partnership (OGP) dengan faktor pendukung berupa jaringan internet yang baik serta wilayahnya  relatif kecil,” Pungkas Arif. (eg)

Tags: , , , , , , , ,