Kota Solok memperoleh Peringkat VII Innovative Government Award (IGA) 2018

Kota Solok memperoleh Peringkat VII Innovative Government Award (IGA) 2018

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok H. Zul Elfian, S.H., M.Si Dt. Tianso menerima perhargaan bergengsi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di ajang Innovative Government Award (IGA) 2018 yang digelar di Hotel Grand Sahid, Jakarta, pada Jumat (7/12/2018) malam.

Kota Solok sendiri berhasil memperoleh peringkat ke-VII untuk kategori Kota Terinovatif, dari 10 Kota yang bersaing pada ajang ini yaitu Surabaya, Bogor, Bandung, Makassar, Malang, Kota Solok, Magelang, Surakarta, Mataram dan Bontang. IGA merupakan penghargaan yang diberikan Kemendagri setiap tahunnya bagi 3 Provinsi, 10 Kota dan 10 Kabupaten terinovatif di Indonesia.

Walikota Solok menyampaikan ungkapan syukur dan harapannya kepada seluruh pihak yang telah mengantarkan Kota Solok mendapatkan Penghargaan ini. “Alhamdulillah Kemendagri mengapresiasi Inovasi Kota Solok dalam penyelenggaraan Pemerintahan. Semoga kedepan dengan dukungan penuh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan stakeholder, dapat memberikan pelayanan yang terbaik melalui Inovasi-inovasi baru menuju Kota Solok Kota Beras, Serambi Madinah yang diberkahi Allah,” harap H. Zul Elfian Dt. Tianso.

Kepala Badan Litbang Ir. Raflis mengungkapkan, “Kiprah Kota Solok dalam inovasi dimulai semenjak Badan Litbang didirikan, walaupun inovasi sendiri sudah dilakukan sebelum Badan Litbang Kota Solok ada. Badan Litbang mengelola dan mengkoordinir seluruh Inovasi, baik Inovasi Administrasi Negara (inovasi  tata pemerintahan, inovasi pelayanan publik, serta inovasi kelembagaan dan sumber daya aparatur) maupun Inovasi Masyarakat,” ungkap Raflis.

Proses penilaian IGA bermula dari tahap verifikasi lapangan untuk memilih para nominator dari seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia. Lalu Berlanjut kepada presentasi Inovasi-inovasi terbaik masing-masing walikota di hadapan para tim penilai yang terdiri dari Kemenristekdikti, Kemenpan-RB, Kemenkominfo, LIPI, LAN, dan unsur independent.

Pemerintah Kota Solok telah melakukakan penandatangan MOU antara Walikota dengan LAN untuk mengasistensi Perangkat Daerah Kota Solok melaksanakan Laboratorium Inovasi Administrasi Negara melalui lima tahapan. “Kota Solok mampu melahirkan 177 ide inovasi yang tersaring lagi menjadi 158 inovasi yang dilaunching, dilaksanakan dan dipamerkan dalam sebuah pameran display Inovasi,” ungkap Ir. Afrizal M. Eng, Sekretaris Badan Litbang.

Badan Litbang juga melakukan Kajian Sistem Inovasi Daerah (SiDA), yang diteruskan menjadi proposal pada 2018 untuk Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Badan Litbang dan Petani Serai wangi yang merupakan salah satu Rekomendasi SiDA pada  Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Secara mengejutkan Proposal ini mendapat atensi dan lolos mendapatkan bantuan sebesar 200 juta dari Kemenristekdikti. (iv)

Tags: , , , , , ,