Kota Solok Mewakili Sumbar ke Parade Tari Nusantara ke-34

Kota Solok Mewakili Sumbar ke Parade Tari Nusantara ke-34

Kota Solok. – Kota Solok dipercaya mewakili Provinsi Sumatera Barat pada Parade Tari Nusantara (PTN) Tahun 2015 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Tim Kesenian ini tak lain ialah 19 orang anggota Sanggar Lubuak Nan Tigo binaan Ny. Darlinda Irzal Ilyas. Tim ini berangkat Rabu (19/08), dengan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solok, H. Dusral, S.E.,M.M. beserta pendamping.

Kota solok dipercaya mewakili Sumbar dalam ajang PTN ke-34 yang akan dilaksanakan pada Jum’at dan Sabtu (21-22/08) di Gedung Sasono Langen Budoyo TMII, setelah sebelumnya pada tahun 2006 Kota Solok telah mempersembahkan 2 piala pada ajang PTN ke-25 pada tahun 2006 silam. Video penampilan Kota Solok pada PTN ke-25 masih bisa kita saksikan pada situs video terpopuler pada laman https://youtu.be/f52eZwf443g.

PTN TMII yang telah diselenggarakan sejak tahun 1982 merupakan sarana apresiasi seni tari daerah serta sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni tari secara Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Pekan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di TMII. Melalui PTN TMII ini, Kota Solok akan memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan produk karya seni daerah Kota Solok, khususnya seni tari garapan baru bernuansa tradisi, khas nagari Solok.

Tim Kesenian Kota Solok akan memberikan penampilan terbaik untuk berkompetisi dengan tim kesenian lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia. Pada kompetisi ini akan dipilih 5 pemenang antar wilayah, 13 penyaji unggulan, 5 penata tari unggulan, 5 penata musik unggulan, 5 penata rias unggulan yang masing-masing akan ditetapkan satu pemenang terbaik. Semoga Kota Solok meraih prestasi terbaik untuk wilayah Sumatera dengan sebutan Parama Natya Budaya ”Swarna Dwipa”. (mellya/dhani)