Kota Solok Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia

Kota Solok Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia

Solok (MC Kota Solok) – Hari Tuberkulosis (TB) se Dunia diperingati di Kota Solok, Minggu pagi (02/4/17), kegiatan yang ditandai TB Day ini diprakarsai  Dinas Kesehatan Kota Solok bekerja sama dengan Aisyiah Sumatera Barat di Taman Syech Kukut Kota Solok. Acara yang dibuka Walikota Solok H. Zul Elfian  yang dihadiri oleh Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kepala OPD dan Aisyiyah serta para kader peduli TB-HIV Kota Solok yang diawali dengan jalan sehat dengan rute Jalan Sudirman – Tanjung Paku – Kampung Baru, dan kembali finist di Taman Kota Sech Kukut.

Sebelumnya Walikota Solok Zul Elfian  dalam sambutannya mengatakan, Kesehatan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, jika  sakit maka kita tidak dapat melakukan akitifitas sebagaimana mestinya. Untuk itu, kita harus menjaga kesehatan dengan baik. Pemerintah sangat berterimakasih kepada Aisyiyah beserta jajarannya yang telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam melaksanakan Gerakan Masyarakat (Germas) Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) TB melalui Gerakan Ketuk Pintu. TOSS TB adalah Temukan TB Obati Sampai Sembuh. Hal ini sangat diperlukan untuk menuju Kota Solok sebagai Kota Sehat yang bebas dari TB dan penyakit lainnya.

Koordinator Aisyiyah Provinsi Sumatera Barat Dery Rizal mengatakan  Kota Solok berhasil mencapai target dalam melaksanakan Germas Ketuk Pintu TOSS TB ini sejumlah 1.480 rumah. Kader yang telah dilatih berjumlah 48 orang untuk TOSS TB ini.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemasangan selempang Duta Peduli TB-HIV oleh Ketua PDA Kota Solok Hj. Sivia Kardena kepada  Ny. Yet Zul Elfian. Dilanjutkan dengan Pemasangan Rompi Ojek Peduli TB-HIV kepada Tukang Ojek yang dipasangkan oleh Dandim, Ketua Muhammadiyah dan Perwakilan DPRD Kota Solok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok  diwakili  Kepala Bidang Kesmas dan P2PL dr. Pepy Lady Soffiany membacakan Sambutan Kemenkes dalam rangka Hari TB Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret. Tema Peringatan TB day kali ini adalah Germas menuju Indonesia bebas TB melalui TOSS TB. (JTY)

Tags: , , , , , ,