Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Kota Solok Siap Menjadi Tuan Rumah Latsitardanus LXIII Tahun 2023

Kota Solok Siap Menjadi Tuan Rumah Latsitardanus LXIII Tahun 2023

Solok, (InfoPublikSolok)  – Kota Solok siapkan diri menjadi tuan rumah Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) LXIII Tahun 2023.

Bersama Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, dan Kota Pariaman, Kota Solok akan menyambut kedatangan putra-putri terbaik Indonesia.

Latsitardanus merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan oleh Taruna Akmil, AAL, AAU, AKPOL, IPDN, SSN dan perwakilan dari mahasiswa sebelum dilantik menjadi Perwira dan ini merupakan salah satu syarat yang harus diikuti oleh taruna.

Tujuan utama Latsitardanus untuk mengintegrasikan peserta Latsitarda agar berinteraksi, dan bersosialisasi bersama masyarakat. Para peserta akan dilantik pada tanggal 26 Juli 2023 di Istana Negara oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Kesiapan itu tampak saat Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar memimpin Focus Group Discussion sekaligus persiapan kegiatan Latsitardanus LXIII Tahun 2023, di aula Hotel Premier, Kota Solok, Rabu (8/3).

Turut hadir, Komandan Satuan Latihan Taruna 4 Batalyon Kijang, AKBP. Supriyanto, Forkopimda Kota Solok, Ketua LKAAM, Ketua KAN, Ketua Bundo Kanduang, Ketua Baznas Kota Solok, Ketua DPD KNPI Kota Solok, serta kepala OPD terkait.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan ini dan merupakan kehormatan bagi Kota Solok karena terpilih menjadi salah satu dari 5 daerah di Sumbar menjadi tuan rumah Latsitardanus LXIII Tahun 2023.

“Pemko Solok bersama pihak terkait akan menyiapkan yang terbaik, kita tidak boleh tanggung-tanggung dalam menyambut peserta Latsitardanus ini,” ujar Wako.

Wako juga mewanti-wanti jika ada kekurangan dari sekarang diatasi sehingga pelaksanaan Latsitardanus berjalan lancar.

“Seluruh kegiatan yang telah diagendakan semoga dapat berjalan dengan baik. Buat suasana Kota Solok yang meriah, persiapkan baliho-baliho dan sejenisnya sebagai tanda kita bangga kedatangan putra-putri terbaik negeri ini,” ujar Wako.

Kepala Dinas PMPPA Kota Solok, Delfianto melaporkan, Kota Solok menjadi lokasi dengan jumlah peserta terbesar yakni sebanyak 309 orang personel.

Latsitardanus LXIII 2023 di Kota Solok akan melakukan kegiatan selama 22 Hari, mulai dari 15 Mei 2023 sampai 8 Juni 2023, dengan lokasi posko di gedung SKB Kota Solok.

Sementara itu, Komandan Satuan Latihan Taruna 4 Batalyon Kijang, AKBP Supriyanto mengatakan, dia beserta rombongan kali ini datang ke Kota Solok guna melaksanakan survei teknis serta memastikan kesiapan dan persiapan Kota Solok menerima kedatangan peserta.

Direncanakan, peserta Latsirardanus ini akan melakukan kegiatan fisik yakni pembangunan tugu Latsitardanus, kerja bakti pembersihan jalan, pembersihan saluran sungai. Rencananya akan ditambahkan dengan kerja bakti seperti bedah rumah, bakti sosial di fasilitas umum atau fasilitas sosial, serta penanaman pohon.

Selanjutnya, kegiatan non fisik di antaranya penyuluhan, promosi, dan sosialisasi ke sekolah-sekolah terutama SLTA se-Kota Solok.

Untuk itu, AKBP Suprianto meminta dukungan dari Pemerintah Kota Solok dalam menyukseskan kegiatan ini, di antaranya akomodasi, tempat tinggal peserta latihan, serta mobilisasi.  (dd)

 

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.