KPPS Koto Panjang Ikuti Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada 2020

KPPS Koto Panjang Ikuti Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada 2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok mengadakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap di Tingkat TPS bertempat di halam GOR (Gelanggang Olah Raga) Tanjung Paku Kota Solok, Sabtu (21/11).

Dalam kegiatan simulasi tersebut, semua yang hadir ikut mempraktekkan tata cara pencoblosan di masa pandemi dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Protokol kesehatan diterapkan mulai dari awal pendaftaran, menunggu, masuk TPS, menandai tangan dengan tetesan tinta, sampai meninggalkan lokasi pemilihan dan penghitungan surat suara. 

Pada Simulasi tersebut Ketua KPU Sumbar, berharap “Pemilihan serentak tahun ini berjalan sukses, dengan mengikuti protokol kesehatan guna mencegah timbulnya cluster baru Covid-19. Petugas TPS serta masyarakat tetap sehat setelah melaksanakan pemilihan ini,” ujar Amnasmen. 

Agung salah seorang Anggota KPPS Koto Panjang yang hadir mengatakan simulasi ini sangat berguna sekali diadakan untuk menghadapi masa pandemi saat sekarang ini. Pemilu kali ini sangat berbeda dengan pemilu sebelumnya karena setiap DPT di wajibkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan dari awal masuk TPS hingga membawa alat tulis sendiri.

“Jangan ragu untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang, karena kita di TPS besok memakai standar protokol kesehatan, dan diminta masyarakat juga sudah siap dengan protocol kesehatan tersebut saat meninggalkan rumah menuju TPS,” kata Agung. 

Kegiatan Simulasi tersebut dihadir Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solok, Asben Hendri, Kapolres Kota solok AKBP Ferry Suwandi,S.IK, Dandim 0309/Solok, Ketua KPU Sumbar Amnasmen, Ketua KPU Kota Solok Araf Danil H, Perwakilan dari KPU Solok Selatan dan KPU Dharmasraya, Kepala OPD dilingkungan Pemko Solok. 

Peserta simulasi merupakan anggota KPPS se-Kota Solok, jajaran KPU hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS). Simulasi tersebut juga di pergakan pemilih yang sehat hingga disabilitas, terdapat 250 pemilih tetap simulasi,134 pemilih laki-laki dan 116 pemilih perempuan yang ikut berpasrtisipasi. (da)

Tags: , , , ,