KPRI Syariah Kemenag Kota Solok Gelar RAT Tahun Buku 2022

KPRI Syariah Kemenag Kota Solok Gelar RAT Tahun Buku 2022

Solok, (InfoPublikSolok) – Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Syariah Kementerian Agama Kota Solok menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 di aula kantor setempat, Kamis (19/1/2023).

Didampingi Kasubbag TU, Emil Isra, Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Zulkifli membuka kegiatan yang turut dihadiri Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Sumbar, H Nazwir, Kabid Koperasi Industri dan UMKM Dinas PKUKM Kota Solok, Dodi Amril, Ketua Dekopinda Kota Solok, H. Patrial Panai, dan seluruh anggota KPRI Syariah Kementerian Agama Kota Solok.

Kakan Kemenag, Zulkifli mengucapkan terimakasih kepada pengurus yang telah mengupayakan pelaksanaan RAT di awal tahun 2023.  termasuk yang cepat dan bagus bisa melaksanakannya di bulan Januari 2023. RAT merupakan wadah bagi 149 orang anggota KPRI Syariah Kemenag Kota Solok untuk menyampaikan pendapat serta usulan dan masukan guna perkembangan/ perbaikan koperasi

RAT yang diselenggarakan KPRI Syariah Kemenag Kota Solok merupakan Koperasi yang kelima yang telah mengadakan RAT setelah Koperasi Konsumen Syariah BKMT, KPRI SMKN 2, Koperasi Lapas, dan KPRI SMPN 1.

“RAT menjadi alat untuk menampung semua aspirasi anggota ke depan. Untuk itu saya berpesan kepada anggota koperasi untuk memberikan kontribusi positifnya dalam rumusan rancangan kerja, serta rencana anggaran pendapatan dan belanja tahun buku 2023 KPRI Kemenag Kota solok,” pintanya.

Ketua KPRI Syariah Kemenag Kota Solok, Syamsurijal, dalam laporan pengurus menyampaikan, Rapat Anggota Tahunan merupakan forum untuk menyampaikan informasi, baik kebijakan Pengurus dan Pengawas maupun penyampaian laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas dari hasil pelaksanaan kerjanya selama satu tahun.

Koperasi Syariah yang dalam pembiayaannya berdasarkan ketentuan syariat islam (bisa juga disebut usaha halal) baik dalam bentuk simpan pinjam yang dalam pelaksanaannya di lakukan dengan akad Murabahah (Jual beli), akad Ijarah yang mempergunakan jasa (pesta pernikahan, umrah, biaya sekolah), akad Hawalah pemindahan hutang dari bank ke koperasi.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada KPRI Syariah Kemenag Kota Solok, atas komitmen dan konsistensi serta prestasi melaksanakan RAT Tahun Buku 2022 dari Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumbar, Nazwir kepada Ketua KPRI Kemenag Kota Solok, Syamsurijal.

Agenda RAT ditutup dengan pemberian hadiah kepada anggota yang memiliki simpanan terbanyak, tabungan qurban terbanyak, THR terbanyak, dan SHU terbanyak. (helda)

Tags: ,