Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Maret 2024

KPU Analisis Pengelolaan Data dan Evaluasi Pemilu serta Pilkada

KPU Analisis Pengelolaan Data dan Evaluasi Pemilu serta Pilkada

Solok, (InfoPublikSolok) – KPU Kota Solok mengadakan rakor analisis pengelolaan data dan evalusi Pemilu serta Pilkada bersama wartawan media cetak dan elektronik (tv dan radio lokal)  se-Kota Solok, Rabu (4/12/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Solok, Diskominfo Kota Solok, Kesbangpol Kota Solok dan Kabag Humas Pemko Solok.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Solok, Arif Santoso menyampaikan, wartawan berperan penting dalam menyukseskan Pemilu serentak 2019 yang lalu dan diharapkan komitmen wartawan untuk menyukseskan pemilu dengan menghasilkan berita-berita pemilu yang tepat, akurat dan berkualitas juga terwujud dalam pilkada yang akan digelar tanggal 23 September 2020 mendatang.

Ilham Eka Putra selaku Komisioner KPU Kota Solok, menginformasikan mengenai tahapan Pilkada yang saat ini sedang berlangsung yaitu mengenai syarat dukungan pencalonan perseorangan untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok Tahun 2020. Jumlah dukungan paling sedikit 4.742 (empat  ribu tujuh ratus empat puluh dua) dukungan / 10% (sepuluh pesen) dari jumlah DPT Pemilu 2019 yang tersebar di dua Kecamatan di Kota Solok. Selain itu, KPU Kota Solok juga membuka helpdesk (meja bantuan) atau media center terkait informasi mengenai syarat pencalonan perseorangan ini.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, memberikan apresiasi kepada KPU Kota Solok berkat terselenggaranya kegiatan hari ini. Hal ini merupakan bentuk keterbukaan informasi penyelenggara pemilu. “Kawan-kawan media berperan penting dalam mensosialisasikan pemilu kepada masayarakat,” tutur Triati.

Sesi diskusi yang membuat kegiatan menjadi lebih hidup, dipandu oleh Jonnedi selaku Komioner KPU Kota Solok Divisi Perencanaan Program dan Data. Pada sesi ini, wartawan berkesempatan menyampaikan saran serta masukan untuk Pilkada Kota Solok yang lebih baik kedepannya. Ia menutup acara dengan dengan sebuah puisi,

“Tahapan pilkada sudah dimulai, kita semua sudah bisa menilai, mereka yang muncul memberi nilai, jangan nilai yang kita beri menjadi pertikai. Tahapan pilkada tetap berjalan, sesuai dengan peraturan yang ditetapkan, peranan media dibutuhkan untuk informasi pikiran, agar pemilih bisa menentukan pilihan masa depan. Media massa bukanlah seni teater ,tetapi informasi yang akurat dan santer, percayalah bahwa media bisa menjadi leader, karena media akan membuat pilkada ini populer,” pungkas Triati.

KPU Kota Solok menyampaikan rasa terima kasih kepada wartawan dan media yang hadir pada kegiatan ini, diharapkan kerjasama antara KPU Kota Solok dan media berjalan dengan lancar. (ed)

 

Tags: , , , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.