Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

KPU Kota Solok Laksanakan GMHP Serentak serta Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

KPU Kota Solok Laksanakan GMHP Serentak serta Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok laksanakan kegiatan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) serta sosialisasi tahapan Kampaye melalui Daklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2019. Bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (17/10) siang.

Hadir dalam acara ini, Walikota Solok yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Nova Elfino, Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Amnasmen, Pimpinan Partai Politik beserta seluruh Calon Tetap Anggota DPRD Kota Solok Pemilu tahun 2019, Tim kampanye Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden tingkat Kota Solok, Kesbangpol, Kapolres Solok Kota, Dandim 0309 Solok, Camat dan Lurah Se-Kota Solok, Ketua KAN, LKAAM, Bundo Kanduang dan Bawaslu Kota Solok, serta jajaran KPU Kota Solok.

Dihadapan 400 orang yang hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kota Solok Asraf Dani H dalam sambutannya menyatakan bahwa Gerakan Melindungi Hak Pilihini bertujuan agar semua pemilih terdaftar dengan baik.

Dalam kegiatan GMHP ini ada tiga kegiatan utama yaitu, mendata pemilih yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), memperbaiki data pemilih yang keliru, dan menghapus pemilih yang tidak memenuhi syarat.

Secara singkat, proses penetapan daftar pemilih dimulai dari perekrutan calon anggota PPK, PPS dan Pantarlih. Kegiatan Coklit yang dilakukan oleh Pantarlih dari 17 April hingga 17 Mei 2018 lalu dengan mencoklit data dalam DP4 sebanyak 48.546, penetapan Daftar Pemilih Sementara sebanyak 42.739, Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan sebanyak 43.858, Penetapan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan Akhir dan Daftar Pemilih Tetap sebanyak 42.862, hingga Penetepan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-1 sebanyak 42.586.

“Proses yang telah dilalui ini mencerminkan kesungguhan untuk memperoleh data pemilih yang tepat, akurat, dan berkualitas demi terjamin dan terlindunginya hak pilih pada Pemilihan Umum Tahun 2019, GMHP pada hari ini, Rabu tanggal 17 Oktober 2018 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dimulai dari tingkat PPS atau kelurahan,” ungkap Ketua KPU.

Disamping itu, juga dilaksanakan Pembacaan Deklarasi Kampaye Damai Pemilu Tahun 2019 dengan seluruh Calon Anggoata DPR Kota Solok Pemilu Tahun 2019 yang dituangkan dalam bentuk penandatangan naskah deklarasi oleh seluruh Calon Tetap, KPU, Bawaslu dan Unsur Pimpinan Daerah Se- Kota Solok.

Mewakili Walikota, Nova Elfino dalam sambutannya berharap kepada peserta Pemilu tahun 2019 atau Partai Politik, dihimbau agar mencermati data pemilih hasil perbaikan atau DPTHP-1 dan memastikan bahwa dirinya, keluarganya, serta tim pendukungnya telah terdaftar dalam daftar pemilih, instansi atau stakeholder agar memastikan jajarannya telah mencermati atau men-cek data Pemilih, apakah sudah terdaftar atau belum, masyarakat untuk mencermati Daftar Pemilih, dan untuk memastikan seluruh anggota keluarganya telah terfasilitasi hak pilihnya.

“Tahapan kampanye telah dan akan berlangsung dari tanggal 23 september 2018 hingga 13 April 2019, Deklarasi kampanye di Indonesia bukanlah hal baru, Sejak pemilihan langsung tahun 2005, jargon pemilihan damai selalu diteriakkan lantang. Tidak ada demokrasi dengan kekerasan dan manipulasi. Pemilihan tidak boleh berujung permusuhan, kerusuhan apalagi perpecahan,” ujar Nova Elfino.

Lebih lanjut, Ia menghimbau agar masyarakat menjadikan pemilihan sebagai akomodasi beragam kepentingan, bukan menghantam mereka yang tidak sependapat. Pemilihan merupakan jalan demokratis memilih pemimpin yang qualified. Ikuti aturan, hindari adu domba, dan hormati pilihan yang berbeda.

Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Amnasmen, SH memberikan apresiasi yang tinggi terhadap KPU Kota Solok yang telah berkerja secara maksimal untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan GMHP dan Deklarasi Kampanye Damai. “Mari berperan aktif dalam pesta demokrasi tahun 2019,” ajaknya.

Koordinator Divisi Program dan Data KPU Kota Solok, Jonnedi Memandu peserta dalam GMHP dengan pengecekan Daftar Pemilih menggunakan Portal www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan aplikasi mobile daftar pemilih KPU yang dapat di unduh melalui playstore dengan mengetik KPU RI.

Uji petik data diawali dengan memasukkan NIK Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat Amnasmen, Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Irman Yefri Adang yang diikuti oleh seluruh peserta yang memilik HP android untuk memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum, bagi yang belum terdaftar silahkan mengisi tanggapan masyarakat yang telah disiapkan oleh operator aplikasi Sidalih KPU Kota Solok. (ys)

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.