KPU Kota Solok Serahkan Hasil Pencermatan LADK Partai Politik

KPU Kota Solok Serahkan Hasil Pencermatan LADK Partai Politik

Solok, (InfoPublikSolok), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok serahkan hasil Pencermatan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Partai Politik serta Sosialisaikan Keputusan KPU Kota Solok Nomor 31 Tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) kepada Partai Politik Peserta dan Pihak terkait dalam pelaksanakan Pemilu tahun 2019 bertempat di Aula Kantor KPU Kota Solok, Selasa (25/9).

Hadir pada kesempatan itu KPU Kota Solok dan Jajaran, Pimpinan serta operator Sistem Informasi Dana Kampanye (Sidakam) Partai Politik, Perwakilan OPD terkait, Polres Solok Kota, Kodim 0309 Solok, Camat dan Lurah se-Kota Solok serta pihak terkait lainnya.

Pada sambutannya Ketua KPU Asraf Danil H menyampaikan bahwa dengan telah ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada tanggal 20 September 2018, tahapan selanjutnya yang akan dilalui oleh peserta pemilu adalah Kampanye, Partai Politik Peserta pemilu diberikan kesempatan untuk berkampanye sesuai dengan tahapan dari tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019.

Pada kesempatan yang sama Koordinator Divisi Hukum KPU Kota Solok, Ilham Eka Putra menyampaikan bahwa pemasangan Alat Peraga Kampanye peserta pemilu dapat ditempatkan di setiap Kelurahan wilayah Kota Solok sesuai dengan lokasi pemasangan yang telah disepakati dengan Pemerintah Daerah. Dalam pemasangan APK dengan mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan dan keindahan Kota atau kawasan setempat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemasangan alat peraga ditempat yang menjadi milik perseorangan atau badan swasta harus mendapat izin dari pemilik tempat tersebut. Dalam hal pemasangan APK tersebut menjadi tanggung jawab peserta Pemilihan Umum.

Pada kegiatan tersebut disampaikan lokasi-lokasi yang dilarang untuk dipasang APK seperti tempat ibadah, Rumah sakit, tempat pelayanan kesehatan milik Pemerintah dan Swasta, gedung milik Pemerintah kecuali yang dikomersilkan, Kawasan Pasar Raya Solok, Terminal Angkot, Terminal Bareh Solok, lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta, jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Taman Syech Kukut, Tugu Simpang Ambacang VI Suku, Taman Simpang KTK, taman-taman di simpang lampu merah, serta tempat lain yang diatur dalam Keputusan KPU Kota Solok Nomor 31/HK.03.1-Kpt/1372/KPU-Kot/IX/2018.

Pada kesempatan tesebut juga disampaikan tentang Keputusan KPU RI Nomor 1096/PL.01.5-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang Petunjuk Teknis Fasilitasi Metode Kampanye Dalam Pemilu Tahun 2019, termasuk juga KPU Kota Solok akan memfasilitasi APK bagi Partai Politik Peserta Pemilu tingkat Kota Solok, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon anggota DPD.

Fasilitasi APK yang dilakukan oleh KPU berupa Baliho dan Spanduk. Dalam ketentuan pada Petunjuk Teknis KPU bahwa Peserta Pemilu juga dapat membuat sendiri APK selain yang difasilitasi oleh KPU.

Koordinator Divisi Keuangan Umum dan Logistik KPU Kota Solok Jonnedi menyampaikan bahwa segala pembuatan desain dan materi Alat Peraga Kampanye menjadi tanggung jawab dari Peserta Pemilu termasuk juga pemasangan dan pemeliharaan APK tersebut. Harapannya agar semua peserta Pemilu dapat mematuhi dan mentaati aturan yang telah disepakati tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye di Wilayah Kota Solok. (ys)

Tags: , , , , , ,