KPU Kota Solok Tetapkan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Serentak Tahun 2020

KPU Kota Solok Tetapkan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Serentak Tahun 2020

Solok, (InfoPublikSolok) KPU Kota Solok laksanakan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Solok untuk Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Mami Hotel Kota Solok, Kamis (15/10).

Acara tersebut dihadiri stakeholder terkait seperti Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kesbangpol, Dandim 0309, Polres Solok Kota, Kalapas Klas IIB Solok, Dinas Infokom, Ketua Tim Kampanye Pasangan Calon serta unsur Tokoh Masyarakat Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang.

Rapat pleno dilasanakan sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020. Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2017 Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, dilaksanakan pada rentang waktu 9 s/d 16 Oktober 2020.

Kegiatan rapat pleno terbuka dan terbuka untuk umum tersebut, dipimpin Ketua KPU Kota Solok Asraf Danil. H  dihadiri oleh seluruh Komisioner, namun mengingat kondisi ditengah pandemi saat ini, seluruh rangkaian kegiatan rapat pleno terbuka dilaksanakan berdasarkan ketentuan protokol Covid-19, sehingga jumlah peserta  di batasi. “KPU Kota Solok tetap berusaha agar informasi mengenai DPT ini sampai ke masyarakat dengan disiarkan langsung  melalui media sosial Facebook KPU Kota Solok,” ujar Asraf.

Dengan persetujuan peserta rapat Asraf Danil H, ketua KPU Kota Solok menetapkan DPT Pemilihan serentak tahun 2020 tingkat Kota Solok sebanyak 49.118 (Empat Puluh Sembilan Ribu Seratus Delapan Belas) pemilih  dengan rincian laki-laki berjumlah 24.261 (Dua Puluh Empat Ribu Dua Ratus Enam Puluh Satu) pemilih dan perempuan berjumlah 24.857 (Dua Puluh Empat Ribu Delapan Ratus Lima Puluh Tujuh) pemilih  yang tersebar  di  2 (Dua) Kecamatan, 13 (Tiga Belas) Kelurahan, 126 (Seratus Dua Puluh Enam) TPS.

Jonnedi, selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengungkapkan bahwa ada perbedaan jumlah TPS, pada Daftar Pemilih Sementera (DPS)  jumlah TPS 125,  dan pada rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) terjadi penambahan TPS berkenaan dengan warga binaan di Lapas Klas IIB Solok. “Jumlah pemilih yang terdapat di Lapas klas IIB Solok adalah 313 pemilih, terdiri dari pemilih laki-laki 304 dan pemilih perempuan  4 orang. Jumlah ini merupakan gabungan dari pemilih yang ber KTP Kota Solok dan luar Kota Solok,” ungkapnya.

Penambahan 1 TPS Lapas di Kelurahan Laing ini berdasarakan Surat KPU RI 818/PL.01.1-SD/01/ KPU/IX/2020 Tanggal 25 September 2020 Tentang Perlindungan Hak Pilih bagi Pemilih di Rumah Tahanan atau Lembaga Permasyarakatan serta Persiapan Penetapan DPT serta PKPU Nomor 17 Tahun 2020. Hal ini juga menunjukkan komitmen dari KPU untuk melindungi hak pilih warga masyarakat demi terwujudnya pemilihan yang berkualitas. (ed)

Tags: , , , , ,