KPUD Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Kota Solok

KPUD Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Kota Solok

Solok, (MC Kota Solok) – Koordinator Divisi Hukum KPU Kota Solok Ilham Eka Putera,SE menjadi pembina upacara pada SMA 3 Kota Solok, Senin(13/2/17). Upacara setiap Senin bagi siswa/i merupakan kewajiban dalam meningkatkan disiplin disamping untuk menerima arahan pembina upacara. Bagi seluruh siswa-siswi, yang merupakan kelompok Pra-Pemilih untuk peningkatan pendidikan pemilih dalam menyongsong Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2019. Upacara yang ditandai dengan menaikan bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia raya itu dihadiri  Ketua KPU Budi Sentosa,  Anggota, Sekretaris, kasubag serta Staf Sekretaiat KPU Kota Solok, Kepala Sekolah, Majelis Guru,Karyawan/i SMA N 3 Kota Solok.

Pembina Upacara Ilham Eka Putera Mahadi,SE  dalam amanatnya dihadapan 1.250 siswa/i mengatakan untuk menyonsong agenda besar Pemilu Tahun 2019 , siswa/i  yang sedang menuntut ilmu saat ini sudah mencukupi umur sebagai syarat menjadi Pemilih. “Para Siswa   menjadi pelaku sejarah dalam hidupnya karena menjadi pengalaman pertama sebagai Pemilih Pemula pada Pemilu 2019” ungkap Ilham.

Pembina upacara mengakui sebagai bangsa Indonesia yang wajib pilih sangat  penting untuk menyalurkan Hak pilihnya untuk menentukan arah dan tujuan pembangunan bangsa Indonesia kedepan, bila salah dalam menyalurkan Hak suara maka akan rugi selama Lima tahun, makanya perlu memikirkan sebelum memasuki bilik suara untuk memilih, karena berdasarkan amanat Undang-undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat (2) berbunyi “kedaulatan berada di tangan Rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang Dasar,”ujar Ilham yang juga mantan siswa di SMA 3 ini.

“Pemilu merupakan salah satu bentuk perwujudan dari kedaulatan rakyat. Maka sebagai warga negara yang baik yang telah memenuhi persyaratan hak untuk memilih pada pelaksanaan pemilu, ini merupakan hak konstitusional Warga Negara  Indonesia untuk memberikan suaranya untuk memilih wakil-wakilnya di lembaga Legislatif serta dalam memilih Pimpinan Negara serta pimpinan Daerah. Tingkat partisipasi yang tinggi merupakan salah satu tolok ukur legitimasi dari hasil suatu Pemilu yang berkualitas. Pada Pemilu Tahun 2014 untuk memilih Anggota DPR, DPD, dan DPRD Kota Solok, tingkat  Partisipasi Pemilih mencapai  76,96 %, pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 tingkat partisipasi pemilih sebesar 65,04 % dan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Solok Tahun 2015 partisipasi Pemilih sebesar 70,1 %, besar harapan kita agar partisipasi Pemilih terus meningkat pada setiap Pemilu, tambah ilham.

Ilham Eka Putra  menghimbau kepada Peserta Upacara agar menjadi pemilih yang cerdas pada Pemilu mendatang serta ikut  menyampaikan informasi dan ajakan untuk ikut berpatisipasi dalam Pemilu kepada keluarga dan lingkungan tempat tinggal masing-masing.  Terlebih lagi KPU Kota Solok akan membentuk Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kota Solok, diharapkan peserta upacara dapat berpartisipasi, bisa berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu KPU Solok untuk menambah wawasan dan informasi tentang Pemilihan Umum. Untuk  Data Pemilih KPU Kota Solok selalu melakukan pemutakhiran data dalam  menghadapi Pemilu Tahun 2019 mendatang,”kata Ilham mengakiri sambutannya.(YS)

 

Tags: , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: