KTNA Kota Solok Ukir Prestasi Di Ajang Pra Peda Tani Sumatera Barat

KTNA Kota Solok Ukir Prestasi Di Ajang Pra Peda Tani Sumatera Barat

Pesisir Selatan, (InfoPublikSolok) – Provinsi Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah ajang Pekan Nasional Tani (Penas Tani) Tingkat Nasional yang bertempat di Terminal Air Pacah Kota Padang. Segala Persiapan dilakukan guna suksesnya acara tersebut, baik sukses prestasi maupun sukses penyelenggaraan. Untuk tingkat Provinsi, Tahun 2019 akan diselenggarakan Pekan Daerah (Peda) Tani di Kota Padang. Untuk itu sebagai persiapan menuju Peda Tahun 2019, dilaksanakan Pra Peda bertempat di Pantai Sago Kabupaten Pesisir Selatan pada tanggal 27-29 September 2018.

Pada acara Pra Peda tersebut diselenggarakan sebanyak 4 lomba yaitu Unjuk Tangkas Tani, Peragaan Tani, Asah Terampil Tani dan Temu Karya Tani. Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Solok mengikuti seluruh lomba yang diselenggarakan panitia Pra Peda.

Acara Pra Peda ditutup secara resmi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Candra, M.Si, Sabtu, (29/9). Hadiri oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, SH., MH. Acara penutupan berbarengan dengan `penutupan Bulan Bakti Peternakan dan Keswan Propinsi Sumatera Barat Tahun 2018.

Pada sambutan penutupan, Candra menuturkan bahwa ajang Pra Peda ini merupakan persiapan menuju Peda Tani Tahun 2019 dan muaranya sebagai pondasi menuju Penas Tani Tahun 2020. Untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berterima kasih atas antusiasme para KTNA se Sumatera Barat mengikuti ajang Pra Peda ini.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang dan bagi yang belum beruntung pada Pra Peda ini, mulai sekarang persiapkan diri menuju Peda Tani Tahun 2019 di Kota Padang” Lanjut Candra.

KTNA Kota Solok pada Pra Peda memperoleh Juara I pada Lomba Unjuk Tangkas dan Juara I pada Lomba Peragaan. Hal ini menunjukkan petani Kota Solok mampu bersaing di kawasan Sumatera Barat. Sementara Juara I Lomba Asah Terampil digondol oleh Kota Payakumbuh dan Juara I Temu Karya diraih oleh Kabupaten Padang Pariaman.

Tahun 2020, Pada Even Penas Tani diperkirakan sebanyak 15.000 petani dari seluruh pelosok tanah air berkumpul untuk unjuk kebolehan pada berbagai lomba dan berbagi pengalaman seputar usaha tani. Harapannya walaupun Kota Padang akan menjadi tuan rumah utama, Kota Solok bisa menawarkan Agrowisatanya yaitu Agrowisata Sawah Solok dan Agrowisata Payo. Dengan demikian Agrowisata yang ada di Kota Solok bisa dikenal oleh seluruh petani di Indonesia dan Penas Tani 2020 bisa dijadikan ajang promosi Visit Kota Solok Tahun 2020 (fa).

Tags: , , , ,