KUD Surya Makmur Tanah Garam Laksanakan RAT Tepat Waktu

KUD Surya Makmur Tanah Garam Laksanakan RAT Tepat Waktu

Solok, (InfoPublikSolok) – Koperasi Unit Desa (KUD) Surya Makmur melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) penyampaian pertanggungjawaban usaha tahun buku 2018 di aula Kantor Kelurahan Tanah Garam, Kamis, (28/2/2019).

RAT yang baru pertama kali digelar di Gedung Baru Kelurahan Tanah Garam ini dipimpin Ketua KUD Surya Makmur, Asrizal, diikuti oleh seluruh Pengurus, Badan Pengawas, Anggota Koperasi serta dihadiri oleh Lurah Tanah Garam, Asril dan Pembina Koperasi dari Dinas PKUKM Kota Solok.

Dalam laporannya, Ketua KUD, Arizal, membacakan laporan pertanggungjawaban Pengurus KUD Surya Makmur tahun buku 2018 berupa kinerja organisasi, laporan keuangan, rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi tahun 2019 yang diterima dan disahkan oleh seluruh anggota KUD.

“Dengan digelarnya Rapat Anggota Tahunan ini tepat waktu kita harapkan KUD Surya Makmur bisa lebih berkembang, karena kita tahu untuk beberapa tahun belakang, perjalanan KUD sedikit mengalami penurunan, untuk itu, dengan kesadaran bahwa KUD adalah milik bersama, marilah kita bekerjasama untuk membangkitkan kembali KUD Surya Makmur,” ajak Arizal.

KUD Saiyo Makmur yang beralamat di Taratak RT.04 RW.02 Kelurahan Tanah Garam, merupakan salah satu badan usaha Koperasi yang telah lama berdiri di Tanah Garam sejak tahun 1974 hingga sekarang. Koperasi Unit Desa dibentuk berdasarkan kebutuhan pelayanan kepada anggota koperasi, seperti usaha simpan pinjam dan pengadaan sarana-sarana pertanian.

Sementara itu, Lurah Tanah Garam dalam sambutannya berharap keberadaan KUD Surya Makmur dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota KUD sebagai pengelola dan pemilik, serta mampu melayani kebutuhan anggota dalam akses permodalan usaha khususnya usaha pertanian.

“Pihak kelurahan sangat berharap adanya perkembangan aset KUD setiap tahunnya dengan peningkatan jumlah anggota yang rutin menyetor simpanan juga tingginya kesadaran membayar angsuran pinjaman, sehingga harapnya, jika kinerjanya baik otomatis koperasi dapat menjadi jalan keluar dalam pengembangan usaha masyarakat,” tutur Asril.

Pada kesempatan itu, Arjunaidi, Pembina Koperasi dari Dinas PKUKM Kota Solok, dalam arahannya menjelasakan, sesuai UU nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI nomor 19 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi dan Anggaran Dasar Koperasi, Kekuasaan Tertinggi dalam Koperasi adalah Rapat Anggota sebagai pelaksanaan prinsip Demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola Koperasi. Dikatakan, Koperasi aktif dan sehat adalah koperasi yang melaksanakan RAT tepat waktu antara Januari-Maret setiap tahunnya.

“Penyelenggaran RAT adalah indikator utama menjadi koperasi yang sehat dan berkualitas. Dengan pelaksanaan RAT tepat waktu maka akan dapat meningkatkan kepercayaan dan citra koperasi dari anggota maupun masyarakat terhadap pengurus koperasi,” pungkasnya. (awn)

Tags: , , , ,