Kunjungan SMK SMAK Padang ke SMPN 6 Solok

Kunjungan SMK SMAK Padang ke SMPN 6 Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka mengenalkan program jurusan yang ada di SMK SMAK Padang pada masyarakat luas dan sekolah-sekolah di kota solok, Manajemen SMK SMAK Padang mengadakan kunjungan sosialisasi di salah satu sekolah di SMP Negeri 6 Kota Solok, pada Jumat dan Sabtu (6-7/03).

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Wityanita,M.Pd selaku guru Fisika, Robi Guswanda Adha S.E selaku guru Kewirausahaan SMK SMAK Padang beserta rombongan, disambut dengan antusias oleh seluruh guru dan siswa SMPN 6 Kota Solok.

Kepala sekolah SMPN 6 Solok, Nofirman mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan SMK SMAK bagi masyarakat terutama bagi sekolah-sekolah yang ada di kota solok sekaligus mengenalkan kepada peserta didik untuk pentingnya menjalin silaturahmi sosial melalui keterampilan yang dimiliki agar berdaya guna bagi masyarakat pada umumnya, dunia industri dalam dan luar negeri. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat terutama melalui program pendidikan kejuruan yang telah ada di SMK SMAK Padang sesuai dg visi sekolah tersebut menjadi role model pendidikan vokasi industri yang mencetak lulusan siap kerja, berakhlak mulia dan berwawasan lingkungan senada.

Dalam sambutannya, Afrida Yanti selaku guru Mikrobiologi menjelaskan pengenalan berbagai jurusan yang ada di SMK SMAK Padang kepada para siswa kelas XI, diantaranya adalah jurusan kimia organik, anorganik, analisis, fisika dan mikrobiologi.

Selanjutnya, Wityanita menuturkan industrialisasi merupakan alur pokok pembangunan nasional yang bertujuan mewujudkan bangsa yang maju, mandiri, dan sejahtera, serta sebagai landasan bagi pembangunan tahap selanjutnya menuju masyarakat adil dan makmur, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Agar dapat mengemban misi tersebut, pembangunan nasional diprioritaskan pada pembangunan ekonomi yang seiring dengan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Program pengembangan sumber daya manusia diarahkan untuk mendukung pengembangan industri, karena pembangunan industri diharapkan menjadi sektor penggerak dari pertumbuhan ekonomi nasional dan pemerataan hasil-hasil pembangunan.

“Oleh sebab itu, diharapkan kepada seluruh siswa kelas IX yang akan melanjutkan pendidikannya nanti setelah tamat, untuk mengikuti atau melanjutkan pendidikannya ke sekolah kejuruan seperti SMK SMAK Padang,” kata Wityanita.

Selain itu, SMK SMAK Padang memiliki daya saing yang baik untuk karier peserta didik di masa yang akan datang dan telah bekerjasama dengan perusahaan yang berskala Nasional dan Internasional seperti MoU dengan Hobart Institute Teknologi di Australia dan juga perusahaan Nanjing Politeknik Institute China. Sekolah Menengah Kejuruan SMAK Padang adalah unit pelaksana teknis di bidang pendidikan kejuruan formal program 4 (empat) tahun di lingkungan Kementerian Perindustrian yang melaksanakan pendidikan menengah kejuruan, kompetensi keahlian analis kimia yang berlokasi di Jalan Alai Pauh No.13, Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Kota Padang. (dw)

 

Tags: , , , , , , ,