Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

Kunjungan Tim Safari Ramadhan ke Masjid Raudhatul Jannah, Ingatkan Keutamaan Bersedekah

Kunjungan Tim Safari Ramadhan ke Masjid Raudhatul Jannah, Ingatkan Keutamaan Bersedekah

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok, Zul Elfian Umar memimpin tim I Safari Ramadhan ke masjid Raudhatul Jannah pada senin, (19/04/2021). Pada kesempatan ini Walikota didampingi Kepala Dinas PUPR, Afrizal, Kepala Kemenag Kota Solok, Eri Iswandi, Kepala Baznas, AKBP (Purn) Zaini, Ketua DPC Muhammadiyah, Darul Ilmi, Camat Tanjung Harapan, Zulkarnaini, Kasubag Protokoler, Aldo Hendriko dan Lurah Pasar Pandan Air Mati, Ari Handoko.

AKBP (Purn) Zaini, Kepala Baznas Kota Solok memberikan tausiah kepada jamaah masjid Raudhatul Jannah tentang keutamaan dalam melakukan infak dan sedekah.

“Hidup di dunia ini akan berakhir, semua akan menjadi kenangan, jabatan adalah amanah, harta adalah titipan, silahkan sedekah dan infakkan karunia yang diberikan Allah SWT, agar tidak menjadi penyesalan di hari akhir nanti,” papar AKBP (Zaini)

Sedekah adalah bentuk kesolehan sosial, dengan bersedekah dapat meringankan beban orang orang yang kurang mampu. AKBP (Purn) Zaini juga menyampaikan hadist Rasulullah SAW tentang salah satu syarat berkumpul dengan nabi Muhammad di surga firdaus adalah dengan bersedekah.

Walikota Solok, Zul Elfian Umar pada kesempatan ini juga menyampaikan keutamaan sedekah. Sedekah adalah bekal yang akan dibawa untuk menempuh kehidupan yang abadi setelah kematian.

“Perbanyak beramal, harta yang akan kita bawa ke akhirat adalah harta yang kita sedekahkan, sedangkan harta yang ditinggalkan akan menjadi ahli waris,” pesan Zul Elfian Umar

Selanjutnya Walikota menghimbau kepada seluruh jamaah yang memiliki kelebihan rezeki untuk menyalurkan zakat melalui baznas Kota Solok.

“Kepada muzaki kami himbau untu menyalurkan zakatnya melalui Baznas, karna zakat ini seyogyanya tidak langsung diberikan oleh muzaki,” himbau Walikota

Walikota Solok juga menyampaikan Zakat yang disampaikan melalui Baznas Kota Solok sepenuhnya disampaikan kepada penerima zakat. Walikota menjelaskan tidak ada zakat yang terpakai untuk operasional Baznas, karena biaya operasional Baznas menjadi tanggungan Pemerintah Daerah dalam APBD.

Pada malam itu Walikota Solok juga menyampaikan wacana pendirian lembaga keuangan mikro berbasis masjid. Lembaga keuangan ini dicanangkan untuk membantu jamaah masjid yang mendapat kesulitan dalam masalah keuangan. Lembaga keuangan berbasis masjid diharapkan dapat menghindarkan jamaah dari meminjam ke lembaga keuangan yang mempunyai bunga tinggi.

Diakhir kunjungan, tim safari Ramadhan Kota Solok menyerahkan bantuan secara simbolis ke pengurus masjid Raudhatul Jannah, yang diserahkan oleh kepala Kemenag Kota Solok, Eri Iswandi. (Eg)

Tags: , , , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.