Kwarcab Pramuka Kota Solok Ikuti JOTA-JOTI 2021

Kwarcab Pramuka Kota Solok Ikuti JOTA-JOTI 2021

Solok, (InfoPublikSolok) – Kwartir Cabang 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok ikuti kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional dan internasional pada, Jumat (15/10/2021) di Kantor Kwarcab Kota Solok dengan Call Sign Stasiun YH5AJH.

Kegiatan ini dilaksanakan Kwarcab Kota Solok melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) bekerja sama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Solok. Kegiatan akan berlangsung selama 3 hari dari Jum’at (15/10) sampai dengan Minggu (17/10) yang dihadiri oleh anggota Pramuka dari Gugus Depan Penggalang dan Penegak Pandega se-Kota Solok.

Ketua Dewan Kerja Cabang Kak Rahmat Hidayat mengatakan “kegiatan JOTA-JOTI ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu kita ikuti, kali ini merupakan JOTA Nasional ke 84 dan JOTI Nasional ke 42. Kami berharap nantinya Anggota Pramuka Kota Solok dapat belajar komunikasi dengan baik menggunakan radio amatir dan juga merupakan ajang silaturahmi atau persahabatan seluruh anggota Pramuka se-Sumatra Barat dan juga seluruh Pramuka Indonesia,” ucap Kak Rahmat.

Jamboree On The AirJamboree On The Internet atau disingkat JOTA-JOTI, adalah Jambore di Udara-Jambore di Internet, yang merupakan kegiatan kepanduan digital terbesar di dunia yang dikelola oleh World Organization of Scout Movement (WOSM), sebagai ajang tukar-menukar informasi dan wadah komunikasi melalui udara dan internet yang berlangsung secara daring.

Kegiatan ini berbasis pendidikan yang menyatukan lebih dari 2,5 juta anggota pandu dari seluruh dunia setiap tahunnya pada minggu ke-3 bulan Oktober untuk akhir pekan kepanduan dan persahabatan. Kaum muda dapat belajar tentang teknologi komunikasi serta dapat terhubung dengan sesama anggota pandu dari lebih 171 negara.

JOTA-JOTI memungkinkan pesertanya untuk mempelajari tentang Kepanduan dan nilai-nilai kewarganegaraan global. Kegiatan ini terbuka untuk Pandu di seluruh dunia dan masyarakat, yang memungkinkan anak muda untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan internet dan radio amatir. JOTA-JOTI melibatkan pemuda dalam kegiatan pendidikan yang membangun kerja tim, pemahaman lintas budaya dan keterampilan untuk masa depan.

Pada kali ini Kwarcab Kota Solok mengikuti JOTA-JOTI dengan memakai 2 perangkat radio untuk JOTA Daerah dan JOTA Nasional. Pada JOTA Daerah, adik-adik Pramuka Kota Solok dapat ber-Qso (Ngobrol di udara) dengan Anggota Pramuka se-Sumatera Barat, sedangkan JOTA Nasional dan Internasional, Anggota Pramuka Kota Solok dapat berkomunikasi melalui radio dengan Anggota Pramuka se-Indonesia dan dari negara tetangga.

Untuk kegiatan JOTI, berkomunikasi dengan Pramuka-Pramuka dari seluruh penjuru dunia dengan menggunakan internet sebagai media utamanya. Umumnya kegiatan JOTI menggunakan kanal IRC milik ScoutLink sehingga memerlukan aplikasi client IRC, misalnya mIRC dan XChat pada komputer serta AndroIRC dan IRCCloud untuk perangkat ponsel pintar. Selain itu, peserta juga dapat mengakses layanan webchat milik ScoutLink tanpa perlu install aplikasi client lainnya.

Selain kanal IRC, peserta kegiatan juga bisa melakukan kegiatan JOTI melalui media lainnya seperti Joti.Tv serta Skype untuk melakukan percakapan visual/video, layanan TeamSpeak ScoutLink untuk melakukan percakapan suara, hingga permainan Minecraft pada server minecraft.scoutlink.net. (js)

Tags: , , , ,