Lansia Sehat Kota Solok Juara Harapan II Tingkat Provinsi

Lansia Sehat Kota Solok Juara Harapan II Tingkat Provinsi

Pariaman, (InfoPublikSolok) – Kota Solok mengirimkan satu pasang Lansia Talenta pada kegiatan Lomba Lansia Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Pariaman ke-17 dan memperingati Hari Lanjut Usia ke-23.

Lomba Lansia Sehat Tahun 2019 yang mengusung tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat ini dilaksanakan selama dua hari (8 s/d 9 Juli 2019).

Tampak hadir di acara ini, Ny. Nevi Irwan Prayitno sebagai Ketua Dekranasda Sumbar, Walikota Pariaman Genius Umar serta peserta Lomba Lansia yang dihadiri oleh 12 Kota/ Kabupaten yang ada di Sumatera Barat.

Ada dua jenis bidang yang diperlombakan pada lomba Lansia Sehat, pertama lomba Lansia sehat berpasangan dan kedua lomba senam Lansia.

Pada lomba Lansia sehat berpasangan, kota Pariaman keluar sebagai juara I disusul Kota Sawahlunto, Agam, Padang Pariaman dan Kota Solok sebagai juara harapan II.

Peserta Lansia Sehat mewakili Kota Solok pada ajang lomba Lansia Sehat Berpasangan adalah pasangan Suami Istri yang bernama Bapak Yusril dan Ibu Yarnida yang beralamat di Koto Panjang.

Peserta Lomba Lansia Sehat Kota Solok ini didampingi langsung langsung oleh staf Kesga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Solok dan staf Puskesmas Tanjung Paku sebagai pembina wilayah.

Lomba Lansia sehat berpasangan ini kriterianya adalah berpasangan, usia 60 tahun ke atas, berbusana dari daerah masing-masing. Sebelum mengikuti perlombaan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap peserta.

Pada pelaksanaan lomba, peserta diberi pertanyaan tentang kemampuan dibidang PKK, adat Minangkabau, pengetahuan di bidang kesehatan, bagaimana agar hidup tetap sehat dan bugar dan terakhir peserta Lansia menampilkan Bakat.

Bakat yang ditampilkan oleh Lansia perwakilan Kota Solok yaitu membawakan sebuah lagu gamat dengan menggunakan pakaian adat solok yang difasilitasi oleh Bundo Kanduang.

Ketua Dekranasda Sumbar pada acara tersebut mengatakan bahwa Lansia sangat perlu diperhatikan dan itu menjadi tanggung jawab kita semua.

“Para Lansia harus menikmati hidup sehat dan bahagia di masa masa tuanya, untuk itu kita mengadakan berbagai acara dalam rangka Hari Lansia 2019 ini. Seperti Jambore Lansia, Rumah Lansia serta PKK Lansia. Dan untuk setiap daerah tingkat II yang ada di Sumatera Barat harap bisa menghidupkan kegiatan-kegiatan ini,” harap Ketua Dekranasda Sumbar. (es)

Tags: , ,