Lembaga Adat Bantu Ciptakan Suasana Pemilu Damai

Lembaga Adat Bantu Ciptakan Suasana Pemilu Damai

Solok, (InfoPublikSolok) – Menyikapi pelaksanaan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang, lembaga adat menggandeng KPUD Kota Solok untuk memberikan sosialisasi mengenai pelaksanaan Pemilu.

Kegiatan sosialisasi bertepatan dengan agenda rapat gabungan pertama lembaga adat tahun 2019 di Masjid Lubuk Sikarah, Sabtu (9/3/2019). Turut hadir Ketua DPRD Kota Solok, Kepala Dinas Pariwisata serta diikuti 250 orang peserta, terdiri dari Pengurus LKAAM, KAN Lubuk Sikarah dan Pengurus Bundo Kanduang se-Kota Solok.

Rapat gabungan lembaga adat merupakan salah satu program Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Solok yang dilaksanakan secara berkala. Kegiatan ini bertujuan agar seluruh lembaga adat yang ada di Kota Solok (LKAAM, KAN dan Bundo Kanduang) selalu bersinergi dalam pelestarian nilai-nilai budaya, adat istiadat, serta upaya-upaya mendukung program pemerintah dalam pelaksaan pembangunan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Solok.

Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli Khatib Sulaiman didampingi Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra, BA dalam sambutannya menyampaikan bahawa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pelaksanaan pemilu, sehingga nantinya Niniak Mamak, tokoh masyarakat dan Bundo Kanduang yang hadir dapat menjadi perpanjangan tangan dari KPU untuk menyampaikan tata cara pelaksanaan Pemilu di lingkungan sekitar.

“Kita berharap agar Niniak Mamak dan Bundo Kanduang dapat membantu menciptakan suasana Pemilu yang aman dan damai. Perbedaan pilihan jangan sampai menjadi penyebab perselisihan di masyarakat,” kata Ketua LKAAM.

Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, SE dalam sambutannya juga menyampaikan harapan agar masyarakat Kota Solok bisa menjadi masyarakat yang pintar dan tidak mudah terpengaruh hasutan yang dapat mengganggu ketentraman. “Jangan sampai masyarakat kita terpecah belah hanya karena perbedaan pendapat.” pesannya.

Diakhir sambutannya, Ketua DPRD menegaskan agar semua unsur lembaga adat selalu menanamkan filosofi masyarakat minangkabau saciok bak ayam, sadanciang bak basi.

Walikota Solok yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Hj. Elvy Basri, SE. MM menyampaikan dukungan penuh dari pemerintah untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Adat.

“Pemerintah selalu berharap kegiatan-kegiatan yang mendukung visi dan misi pemerintah Kota Solok terus selalu dilaksanakan. Bahkan pemerintah juga selalu berupaya melakukan koordinasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pariwisata, serta Badan Ekonomi Kreatif untuk dapat menjaring berbagai bentuk bantuan dan sinkronisasi kegiatan dari pemeritah pusat dalam upaya pemajuan kebudayaan, khususnya di Kota Solok.” harap Kadis.

Pada kesempatan ini peserta rapat gabungan juga mendengarkan sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Ketua KPUD Sumatera Barat Amnasmen yang didampingi oleh Ketua KPUD Kota Solok, Asraf Danil.

Ketua KPUD Sumatera Barat memberikan penjelasan tentang bagaimana menentukan surat suara berdasarkan warnanya, serta langkah-langkah yang harus dilalui oleh pemilih pada saat memberikan hak suaranya di TPS. (sn)

Tags: , , , ,